cara memasak nasi manual

Tutorial Cara Memasak Nasi Pakai Dandang

Posted on

Meskipun saat ini sudah terdapat rice cooker yang memudahkan untuk memasak nasi, tapi kenyataannya masih banyak orang yang lebih memilih untuk memasak nasi menggunakan metode tradisonal, yaitu menggunakan dandang.

Meskipun memasak nasi menggunakan dandang terasa lebih merepotkan, tapi faktanya jauh lebih sehat dibandingkan memasak dengan menggunakan rice cooker.

Selain itu, tentu lebih hemat karena tidak membutuhkan listrik sebagaimana halnya pada rice cooker.

Cara Memasak Nasi Pakai Dandang

Berikut langkah-langkah memasak nasi pakai dandang di bawah ini :

  1. Cuci beras terebih dahulu sampai bersih. Ini adalah tahapan pertama, memasak nasi agak mentah terlebih dahulu

  2. Masukkan beras ke dalam panci yang akan digunakan untuk memasak nasi.

  3. Tuangkan air ke dalam panci berisi beras. Jumlah airnya disesuaikan dengan banyaknya beras yang diisi. Tapi usahakan tinggi air setelah beras terendam tidak melebihi pertengahan di antara kedua ruas jari tengah.

  4. Masak nasi sampai air mengering. Ingat, jangan biarkan sampai kering betul karena akan mengakibatkan nasi menjadi hangus.

  5. Angkat dari kompor, dan pisahkan. Ini adalah tahap pertama, tahap memasak nasi agak mentah. Lanjut ke tahap kedua, yaitu mengukus nasi.

  6. Isi air ke dalam panci dandang sampai setinggi batasan yang sudah dibuat di dalamnya.

  7. Masukkan alas panci.

  8. Masukkan nasi yang sudah dimasak tadi ke dalam panci dandang.

  9. Masak kembali nasi yang ada di dalam panci dandang.

  10. Biarkan sampai nasi menjadi masak dengan sempurna.

    Tahap kedua ini perlu dilakukan agar nasi menjadi masak secara sempurna

Keunggulan Memasak Nasi Pakai Dandang

cara memasak nasi dengan cara dikukus

Sekilas dari apa yang disebutkan di atas, tergambar kalau memasak nasi menggunakan dandang memiliki keunggulan dibandingkan memasak menggunakan rice cooker. Agar lebih tergambar, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa keunggulan tersebut :

1. Lebih Sehat

Memasak nasi pakai dandang lebih menyehatkan dibandingkan dengan memasak menggunakan rice cooker. Alasannya jelas, karena nasi memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Sementara sudah diketahui bersama bahwa gula yang berlebih di dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit berat seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Nah dengan memasak nasi, kandungan gula yang ada pada nasi bisa menjadi luntur. Berbeda halnya dengan memasak menggunakan rice cooker, yang mana kandungan gula pada nasi tersebut tetap ada.

Oleh karena itu, memasak nasi menggunakan dandang merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Rasa Nasi Lebih Sedap

Memasak nasi pakai dandang juga akan menjadikan rasa nasi lebih sedap. Berbeda halnya dengan nasi yang dimasak menggunakan rice cooker, yang mana rasa dan aroma nasi yang terhasilkan biasa-biasa saja.

Tidak heran jika saat ini banyak orang yang tetap mempertahankan kebiasaan memasak nasi menggunakan dandang. Panci jenis dandang ini memang sudah jarang didapatkan.

3. Lebih Hemat

Memasak nasi menggunakan rice cooker membutuhkan listrik untuk menyalakannya. Belum lagi watt listrik yang digunakan cukup besar.

Jangan heran jika tagihan listrik bulanan Anda membengkak setelah menggunakan rice cooker.

Berbeda halnya jika Anda memasang nasi pakai dandang, yang mana Anda sama sekali tidak membutuhkan listrik untuk memasaknya.

Cukup memasaknya dengan menggunakan api yang berasal dari kompor atau kayu bakar, maka Anda sudah bisa mengonsumsi nasi tersebut.

Setelah mengetahui keunggulan memasak nasi menggunakan dandang, mungkin Anda tertarik untuk mencobanya.

Sayangnya,  kemungkinan besar banyak dari pembaca yang belum mengetahui cara memasak nasi pakai dandang. Jika memang belum mengetahui caranya, tidak perlu khawatir dan bingung.

Demikianlah tata cara memasak nasi menggunakan dandang yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga Anda tidak kesulitan lagi untuk melakukannya setelah membaca tutorial yang disebutkan pada postingan kali ini.