Cara Masak Ati Ampela Kecap

Cara Masak Ati Ampela Kecap, Sederhana Dan Nikmat!



Cara masak ati ampela kecap dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja dalam proses pembuatannya, anda harus sabar dalam menunggu. Tapi pastikan anda sudah menyiapkan berbagai macam alat dapur yang akan dibutuhkan dalam memasak ati ampela kecap ini.

Dalam mengolah masakan yang seperti ini, tentunya harus membutuhkan ketelitian yang sangat teliti. Dengan begitu, cita rasa dalam masakan tersebut memang benar-benar enak dan dapat memanjakan lidah kita. Seperti yang sudah diketahui bersama kalau ati ampela kecap memang dapat membuat lidah bergoyang.

Meskipun begitu, banyak orang yang tidak mengetahui cara-cara dalam memasaknya dengan baik dan benar. Lantas bagaimana cara masak ati ampela kecap? Langsung saja disimak pembahasan yang ada dibawah ini.

Cara Masak Ati Ampela? Siapkan Bahan-bahannya Terlebih Dahulu!

Sumber: pixabay.com

Sebelum kita mencari tahu tentang bagaimana cara masak ati ampela, akan menjadi lebih baik jika anda telah mempersiapkan beberapa bahan sederhana yang penting. Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan utamanya:

  • Ati ampela 250 gram
  • kecap manis 3 sendok makan
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Jahe 1 ruas yang di memarkan
  • Minyak goreng yang secukupnya

Bahan bumbu-bumbunya

  • Kaldu bubuk yang secukupnya
  • Gula pasir yang secukupnya
  • Garam yang secukupnya
  • Merica bubuk yang secukupnya
  • Cabai merah sebanyak 3 buah yang besar dan sudah di iris kecil-kecil
  • Cabai rawit sebanyak 10 buah dan telah di iris kecil
  • Bawang merah sebanyak 5 siung yang sudah di cincang dengan halus
  • Bawang putih kurang lebih 5 siung yang telah di cincang dengan halus

Beginilah Cara-caranya

Bagi anda yang sudah mempersiapkan berbagai macam bahan seperti diatas. Selanjutnya anda dapat membuat cara masak ati ampela kecap yang super nikmat dan enak. Untuk cara-caranya yang seperti apa, anda dapat simak beberapa langkah berikut ini.

1. Memotong Ati Ampela

Untuk cara masak ati ampela yang paling pertama dan perlu anda perhatikan adalah tentang bagaimana cara memotong ati ampela tersebut. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan sehingga makanan yang akan disajikan nantinya bisa mengundang selera makan.

Dalam hal ini, langkah awalnya anda harus melakukan pencucian terlebih dahulu. Cucilah ati ampela tersebut dengan anda menggunakan air yang bersih. Proses pencucian harus dilakukan dengan baik dan benar hingga ati ampela benar-benar bersih.

Sumber: kompas.com

Jika anda sudah melakukannya, maka selanjutnya yang harus dilakukan oleh anda adalah meniriskannya. Tiriskan ati ampela yang sudah di cuci tadi pada atas talenan. Jika anda melihatnya sudah agak kering sedikit. Selanjutnya, anda dapat melakukan pemotongan ati ampela hingga menjadi beberapa bagian.

Dalam pemotongan, anda harus memotong ati ampela hingga mencai kecil-kecil, atau mungkin anda dapat melakukannya dengan membelah menjadi dua bagian. Dengan begitu anda bisa mendapatkan ukuran ati ampela yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Setelah itu, anda dapat menyiapkan wajan pada bagian atas kompor yang ada. Kemudian anda dapat menuangkan minyak yang secukupnya di dalam wajan tersebut. Selanjutnya, anda dapat melakukan tumis potongan dari ati ampela hingga benar-benar matang yang sempurna.

Agar ati ampela matang dengan sempurna, maka anda dapat menggunakan api yang sedang saja. Jika sudah, maka langkah yang selanjutnya anda dapat mengangkatnya, lalu sisihkan apabila sudah matang.

2. Memasak Ati Ampela

Sumber: cookpad.com

Bagi anda sudah melakukan langkah yang pertama diatas, selanjutnya cara masak ati ampela kecap adalah dengan memasukkan cincangan dari bawang serta irisan cabai, garam, merica, kaldu bubuk hingga gula pasir ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Pastikan kalau api kompor adalah api yang sedang.

Tumis serta aduk dalam sesekali hingga tercampur dengan merata dan tercium aroma yang wangi. Nah, apabila anda sudah mencium aroma wangi dan khas dari tumisan tadi, maka selanjutnya anda dapat menambahkan beberapa bumbu lainnya.

Bumbu-bumbu yang harus di tambahkan selanjutnya berupa lengkuas, jahe hingga ati ampela yang telah anda goreng ke dalam bumbu-bumbunya. Kemudian anda dapat melakukan adukan hingga benar-benar tercampur merata, dan selanjutnya anda dapat menambahkan daun jeruk.

3. Menuangkan Kecap Manis

Perlu anda tahu kalau cara masak ati ampela kecap ini sangat mudah untuk anda lakukan, dan cocok juga bagi orang-orang yang masih pemula. Kemudahannya sama seperti anda lakukan cara memasak nasi pakai dandang.

Sumber: sajiansedap.grid.id

Nah, untuk cara memasak ati ampela kecap. Dimana anda dapat bumbui masakan tadi dengan menggunakan kecap manis yang sudah disediakan oleh anda sendiri. Selain kecap, jangan sampai lupa juga untuk menambahkan garam, gula pasir hingga kaldu bubuk yang secukupnya. Hal ini bertujuan agar masakan ati ampela bisa terasa lebih nikmat dan lezat.

Jika bumbu tersebut sudah ditambahkan oleh anda ke dalam masakan tadi, maka anda dapat mengaduknya hingga tercampur dengan rata antara ati ampela dan bumbunya yang ada. Setelah itu, anda dapat menuangkan air yang secukupnya ke dalam adukan tadi.

Tunggulah dalam beberapa menit saja, dan biarkan bumbunya dapat meresap dengan sempurna. Untuk cara yang selanjutnya, anda dapat menunggu hingga airnya menyusut dan setiap komponen termasak dengan cara yang baik. Apabila memang benar sudah matang, langsung saja diangkan dan disajikan ati ampela kecap bersama dengan nasi putih yang hangat.

Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai cara masak ati ampela kecap sederhana dan hasil yang sangat nikmat seperti diatas. Semoga cara-cara diatas tidak menghianati hasil anda dalam mengikuti proses demi proses memasaknya. Terimakasih sudah mampir kesini, dan sampai jumpa!.

Leave a Reply