KOMPONEN KULKAS 2 PINTU

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu yang Benar Sesuai Petunjuk



Alat elektronik ini mengubah kebiasaan menyimpan makanan orang-orang, kini dengan adannya kulkas, makanan lebih awet tahan lama, selain membuat rasa makanan atau minuman yan ada di dalamnya menjadi lebih dingin segar. Kulkas 2 pintu menjadi contoh jenis kulkas yang populer digunakan. Bagaimana cara kerja kulkas 2 pintu?

CARA KERJA KULKAS 2 PINTU

Kulkas bekerja dengan mengubah zat pendingin yang berada di dalamnya dari cair berubah menjadi gas. Proses ini disebut dengan penguapan, mendinginkan area sekitarnya lalu menghasilkan efek yang diharapkan.

Sebelumnya Anda bisa cek artikel kami tentang penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, agar bisa faham cara kerja dan alasan lainnya.

Perabotan ini adalah penemuan ‘ajaib’ yang  membuat suhu makanan menjadi dingin dan lebih enak tahan lama dikonsumsi. Lantas bagaimana cara kerja kulkas ini?   

Zat pendingin ini disebut dengan refrigeran. Proses penguapan dimulai dengan mengubah refrigeran dari cair menjadi gas. Pompa panas digunakan untuk mengubah putaran refrigeration.

Agar kulkas bisa beroperasi dengan baik, Sistem komponen harus bisa mengembalikan lagi zat pendingin berbentuk gas ke bentuk cairnya, maka gas perlu dikompresi ke tekanan dan temperatur yang lebih tinggi lagi. Jadi disinilah peran kompresor dibutuhkan.

KOMPONEN KULKAS 2 PINTU DAN FUNGSINYA

Pada kulkas 2 pintu terdapat beberapa komponen penting yang mungkin perlu Anda ketahui! Yang pertama adalah komponen kelistrikan , kedua adalah komponen yang berperan sebagai sistem pendingin.

SISTEM PENDINGIN KULKAS 2 PINTU

Komponen kelistrikan pada kulkas 2 pintu

  • Kompresor

Kompresor adalah komponen paling vital pada kulkas. Seperti jantung pada manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, Kompresor ini mengedarkan refrigeran ke seluruh sistem lalu menambahkan tekanan pada warm part di sirkuitnya.Sehingga membuat refrigeran menjadi panas.

  • Relay

Berfungi sebagai pengggerak kompresor.

  • Thermostat

Thermostat juga merupakan salah satu komponen penting pada kulkas! Bagian ini berfungsi untuk mengontrol temperatur dalam kulkas!

  • Heater

Berfungsi untuk mencairkan salju atau bunga es yang berada dalam mesin pendingin. Komponen ini vital karena jika heater mengalami kerusakan bisa menjadikan kulkas tidak terasa dingin .

  • Kipas

Fan atau kipas blower memiliki fungsi yang penting dalam proses pendinginan makanan yang ada di dalam kulkas. Kipas berfungsi untuk menarik udara panas pada bagian dalam kulkas menuju evaporator. Pada kulkas 2 pintu , letak kipas biasanya ada di bagian atas pintu.  

  • Timer

Timer berfungsi sebagai alat untuk mengatur waktu.

SISTEM PENDINGIN KULKAS 2 PINTU

Sistem pendingin kulkas 2 pintu merupakan kombinasi antar komponen sebagai berikut:

1. Evaporator

Komponen evaporator berperan  membuat barang-barang yang ada di dalam kulkas menjadi dingin. Prosesnya, zat pendingin diubah kembali dari cair menjadi gas melalui penguapan  dalam bahasa Ingggris sendiri penguapan berarti evaporation.

Nah, zat pendingin tadi mendinginkan area di sekitarnya, lalu menghasilkan temperatur yang pas untuk menyimpan makanan.

2. Kondensor

Bagian kondensor berada di bagian belakang pada kulkas. Kondensor pada kulkas berfungsi mengubah gas refrigeran menjadi cair. Singkatnya komponen ini berperan sebagai alat penukar kalor.

3. Filter

Seuai dengan namanya, filter mempunyai fungsi penyaringan kotoran yang bisa saja masuk saat proses pendinginan berlangsung.

4. Gas Refrigeran

Gas refrigeran memainkan peranan penting dalam sistem pendingin pada kulkas. Di dalam kondenser, gas refrigeran yang bertekanan tinggi dan sudah sangat panas akan didinginkan oleh udara dari luar. Suhu tersebut diturunkan sampai mencapai suhu mengembun, bentuknya lalu berubah menjadi cair namun bertekanan tinggi.

5. Katup Ekspansi

Katup ekspansi dapat berfungi untuk menurunkan suhu dan tekanan pada refrigerant. Secara umum katub ekpansi juga memiliki fungsi yang sama pada alat elektronik AC. Ekspansi juga bisa disebut dengan pipa kapiler.

SKEMA KULKAS SESUAI PEDOMAN

Aturan skema pada kulkas 2 pintu umumnya sama dengan kulkas 1 pintu, hanya mungkin terdapat penambahan komponen de frost untuk menghilangkan bunga es.

SKEMA KULKAS 2 PINTU

Skema kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut:

  • PTC yaitu Positive temperature coefficient atau PTC,memiliki fungsi sebagai relay sesuai dengan temperatur! PTC juga berfungssi untuk mengatur aliran listrik agar masuk ke dalam lilitan bantu.
  • Overload motor protektor merupakan pelindung kompresor agar tidak menghasilkan panas yang berlebih
  • Kompresor
  • Door switch refrigerator adalah saklar pintu kulkas! Berfungsi mengendalikan aliran listrik menuju lampu kulkas
  • Door switch freezer merupakan bagian yang berfungsi mengalirkan listrik menuju kipas evaporator
  • Kipas evaporator adalah bagian yang berfungsi menyebarkan udara dingin dari evaporator ke kulkas.
  • Arti thermo fuse yaitu memiliki fungsi agar heater tidak menghasilkan panas yang berlebihan
  • Thermo stat adalah sensor suhu pada kulkas
  • Thermo defrost adalah bagian berfungsi mengaktifkan heater saat suhu freezer sudah mencapai 13 derajat celcius. Atau biasa setiap 7 jam sekali pada heater. 
  • Timer defrost adalah pengatur kerja heater dan kompresor, dengan cara memindahkan aliran listrik pada keduanya.
  • Heater

INSTALASI KULKAS 2 PINTU

Saat pertama kali membeli kulkas 2 pintu, Anda disarankan untuk melakukan instalasi atau pemasangan. Untuk tiap jenis dan merk tentu saja terdapat perbedaan cara instalasinya.

Jenis instalasi pada kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Lokasi Terbaik

Periksa kesesuaian lokasi. Pilih lokasi yang tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Pastikan lokasi pas dengan lantai rata/permukaan rata.Kemudian kulkas akan bekerja secara efektif pada suhu ruangan. Atur suhu ke setelan suhu terdingin, lalu tunggu kurang lebih satu jam.

2. Mensejajarkan kulkas

Jaga agar bagian depan pada kulkas sedikit lebih tinggi dari bagian belakangnya, agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan lebih mudah.

3. Memasang pegangan pintu

Periksa apakah tab pengunci yang ada dalam pegangan pintu telah terpasang dengan cara menariknya ke atas dan ke bawah.

CIRI KULKAS NORMAL

Ciri kulkas normal adalah bunyi mesin kulkas yangg berada di bagian belakang bawah masih halus. Ciri lain adalah pipa kondensor masih panas dengan temperatur wajar. Meraba pada bagian luar samping dan juga pintu kulkas, apabila terasa hangat menandakan kulkas masih baik-baik saja.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengetahui apakah kulkas yang Anda pakai masih normal atau tidak.

Jika bagian tersebut terasa dingin, maka kemungkinan ada masalah pada bagian freon dan kompresornya. Terakhir cek bagian dalam kulkas, jika berembun, beku dan dingin maka kulkas masih sangat berfungsi normal.

Kulkas memberikan manfaat dalam kebutuhan penyimpanan makanan sehari-hari. Dengan mengetahui cara kerja, komponen-komponen yang ada di dalamnya, serta mengetahui ciri normalnya, membuat Anda bisa lebih memahami kemungkinan yang akan terjadi seperti kerusakan, lalu membuat pencegahan sehingga kulkas 2 pintu Anda lebih awet berumur panjang.