cara kerja blender

Cara Kerja Blender? Fungsi & Kelebihannya Agar Bisa Optimal



Blender adalah salah satu alat rumah tangga yang memiliki fungsi praktis. Manfaat blender bisa dirasakan untuk keperluan mengolah bahan makanan menjadi lebih cair dan lembut contohnya jus buah. Apa yang membuat alat elektronik ini begitu praktis dan sangat menghemat waktu? Ketahui cara kerja blender berikut ini!

Fungsi blender yang utama adalah untuk mencacah, menghaluskan atau menghancurkan bahan makanan sehigga menjadi tekstur jenis baru.

Tekstur bahan makanan tersebut menjadi halus, basah atau tidak terlalu keras. Cara kerja blender melalui mata pisau blender yang berputar dengan cepat.

Putaran ini memotong bahan makanan yang ada di dalamnya, menghancurkannya sampai lembut. Gaya perputaran pada blender berasal dari sumber energi listrik yang diubah menjadi energi kinetik (gerak).

Pada artikel cara menggunakan blender miyako, kami ulas spesifik 1 merk. Tapi disini, kita akan prinsip umumnya saja, semua merk pada prinsipnya sama saja.

 

  1. Pengaturan kecepatan putaran

Ada beberapa jenis pengaturan kecepatan putaran blender tergantung dari model serta merknya. Umumnya kecepatan blender dibagi ke dalam 3 bagian. Tingkatan kecepatan ini mempengaruhi jenis tekstur yang diinginkan. Untuk memulainya hanya tinggal menekan tombol sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

 Tingkatan Kecepatan Putaran pada Blender

  • Fast -Tingkat putaran kecepatan paling tinggi. Cocok untuk menghaluskan beberapa jenis bahan makanan seperti buah-buahan atau sayur.
  • Medium – Tingkat putaran dengan kecepatan sedang. Cocok untuk menggiling bahan dengan tekstur yang keras. Kecepatan ini lebih sesuai jika Anda menginginkan hasil potongan yang tidak sampai halus seperti tekstur bubur.
  • Low -Tingkat putaran pada blender yang paling lambat. Efektif bagi Anda yang menginginkan hasil olahan hancur secara bertahap dan perlahan.

Jika dilambangkan dengan angka, angka 1 adalah pilihan kecepatan paling lambat hingga semakin besar angkanya, maka semakin besar kecepatannya. Dengan mengetahui 3 macam kecepatan pada cara memakai blender ini, memudahkan Anda dalam mengatur kelembutan makanan.

Selain itu di sejumlah merk terdapat tombol pulse. Fungsi tombol ini untuk menghancurkan bahan makanan yang keras khususnya es batu. Atau bisa digunakan utuk memperhalus lagi bahan makanan yang sudah dihancurkan oleh pisau blender.

  1. Jenis motor listrik pada blender

Jenis motor listrik yang digunakan pada blender adalah shaded pole atau kutub bayang. Prinsip kerja dari jenis motor listrik ini adalah dengan membangkitkan tegangan arus, medan elektronik cincin dan induksi.

Beberapa bagian pada motor kutub bayangan adalah

    • Stator : bagian kutub yang menyebabkan terjadinya kutub bayang.
    • Rotor : sebagai penyangga.
  1. Komponen Blender

Bagian komponen blender yang paling utama adalah pisau yang berfungsi menghancurkan bahan makanan, namun pisau tidak akan berfungsi jika tidak ada komponen motor listrik sebagai penggerak. Komponen ini terdiri dari badan motor yang berfungsi sebagai “rumah motor”. Ditopang roda gigi perantara serta motor penggerak.

Komponen blender selanjutnya adalah wadah blender. Wadah berfungsi untuk menampung bahan makanan yang hendak diblender. Sebutan lainnya adalah gelas blender. Karena bentuknya seperti penuang pada gelas. Bahan gelas blender umumnya adalah plastik mika.

Kemudian bagian bawah terdiri dari alas serta kaki penopang. Komponen blender lainnya yang tidak kalah penting : pengaduk adonan, tutup wadah blender, saklar pengaturan kecepatan putaran pada blender serta tusuk kontak. (Sebagai catatan mungkin saja antar merk memiliki sedikit perbedaan)

  1. Prinsip Kerja Blender Listrik

Sebagai kesimpulan bahwa prinsip cara kerja blender adalah mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. Dengan prinsip kerja motor penggerak inilah blender dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhannya. Prinsip kerja blender ini tidak hanya pada jenis listrik tetapi juga beberapa alat elektronik yang serupa.

Food processor

Umumnya memiliki blade atau pisau yang lebih tajam dari pisau blender. Blender akan lebih mudah rusak apabila terus dipaksa menghancurkan makanan dengan tekstur yang keras dan padat. Maka food processor ini bisa menjadi aternatifnya.

Jadi akan terlihat, blender dapat membuat hasil bahan makanan halus cenderung cair. Sedangkan pada food processor masih akan terasa tekstur asli dari bahan makanan tersebut. Seperti potongan kulitnya.

Maka blender cocok untuk jenis makanan yang lembut seperti buah-buahan atau keju. Sedangkan food processor lebih bagus untuk menghaluskan jenis-jenis bumbu masakan yang biasanya memiliki tekstur yang keras dan padat.

Mixer

Mixer bekerja dengan cara yang hampir sama dengan prinsip cara kerja blender. Mixer beerputar dengan kecepatan tinggi , mengayak telur serta adonan untuk kue atau roti.

Hand Blender

Memiliki fungsi yang mirip dengan mixer, ini adalah jenis blender yang dapat digunakan langsung dengan cara mengontrolnya melalui tangan.

Blender portable  Bedanya dengan blender listrik yang hanya dapat beroperasi dengan tenaga listrik di rumah. Blender portable ini bisa dibawa kemana saja. Sifatnya yang fleksibel ini karena menggunakan tenaga baterai yang dapat diisi ulang. Sehingga tak perlu repot-repot memakai colokkan kabel listrik.

Selain blender yang digerakkan dengan motor listrik, ternyata ada juga blender yang bisa ditarik manual dengan menggunakan tangan. Sifatnya yang tradisional ini menjadikan pilihan yang paling murah dalam penggunaan kebutuhan alat rumah tangga yang satu ini.

Saat sedang mengolah bahan makanan, blender bisa membuat kerja kita lebih efisien baik dari tenaga maupun waktu. Untuk itulah selain manfaat kegunaannya, mengetahui cara kerja blender bisa menjadi suatu pengetahuan yang baru yang juga bermanfaat.

Berikut ini adalah cara kerja blender sebagai berikut:

  1. Pengaturan kecepatan putaran

    Tingkatan kecepatan putaran pada blender ada tiga yaitu: fast, medium atau low

  2. Jenis motor listrik pada blender

    Beberapa bagian pada motor kutub bayangan blender adalah Stator dan Rotor

  3. Komponen blender

    Spare part blender terdiri dari pisau blender, bagian wadah serta bagian bawah blender

  4. Prinsip kerja berbagai macam blender

    Pahami cara kerja mulai dari food processor, mixer hingga hand blender