rumus kalibrasi espresso

Rutin Kalibrasi Mesin Grinder, agar Aroma dan Rasa Kopi Tetap Enak

Kopi, sudah menjadi bagian dari lifestyle, apalagi yang tinggal di kota besar. Kopi menjadi hal yang penting, bagi keseharian banyak orang saat ini. Bisa dilihat dari banyaknya, kedai kopi yang bertebaran dimana-mana dan selalu ramai oleh pengunjung. Sehingga cara kalibrasi grinder kopi pun wajib diketahui banyak orang.

Tapi kini, orang tidak hanya minum kopi di coffee shop saja, banyak orang yang akhirnya lebih memilih membuat kopi sendiri di rumah.Tapi, membuat kopi di rumah bukan hanya, dengan kopi sachet saja, loh.



Banyak orang yang menggunakan biji kopi utuh dan melakukan penggilingan biji kopi sendiri. Mesin kopi pun beragam, ada yang manual, tentunya ini akan menghabiskan waktu yang lebih lama, dan ada juga yang menggunakan mesin kopi yang disebut Grinder.

Grinder elektrik pun beragam jenis, dari harga ratusan ribu hingga yang jutaan. Bagi Anda pecinta kopi, mesin Grinder menjadi barang wajib yang dimiliki, ya!

Sejarah singkat kopi

sejarah kopi

laboratorioespresso.it

Biji-biji kopi asli, pertama kali di tanam di Negara Ethiopia pada abad ke-9. Ethiopia adalah negara yang terletak di Afrika. Tapi, bangsa Arab melakukan perdagangan dan meluas dari Afrika Utara hingga saat ini, beredar ke seluruh Benua Asia, dan Eropa. 

Kata kopi masuk ke bahasa inggris ‘coffee’, pada tahun 1582, melalui ‘kahve’ bahasa Turki Ustmani. Kedai kopi sudah ada loh, dari tahun 1500-an di Kairo dan sekitarnya.

Abd Al-Qadir Al-Jaziri adalah seorang penulis paling penting yang membahas tentang kopi. Karya beliau menyusun tentang kontroversi dan hukum kopi pada jaman 1587.

Di dalam tulisannya, Mufti Aden seorang Syech, adalah orang yang pertama mengadopsi kopi pada tahun 1454. Beliau menyimpulkan bahwa kopi memberikan manfaat, seperti mengusir kelelahan, kelesuan, membawa kesegaran dan kekuatan pada tubuh.

Wah, terbukti ya, sampai hari ini kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak peminatnya, ditambah menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. 

Kopi Kekinian 

Coffee

thecaffeeinetrifecta.com

Yang dimaksud kopi kekinian adalah, kopi yang berkembang mengikuti era zamannya, ya. Kopi-kopi sekarang, memang sudah tidak benar-benar kopi.

Ada campuran caramel, coklat, ice cream dan lainnya. Tapi walaupun begitu, penggemar kopi, masih banyak yang menyukai kopi dengan rasa yang original.

Antara lain, yang paling banyak digunakan adalah, Espresso. Espresso juga bisa menjadi berbagai macam sajian, seperti, latte, americano, mocca dan lainnya.

Espresso dihasilkan dari biji kopi yang digiling, dan dengan penyeduhan tekanan tinggi. Saat ini, banyak orang yang membeli biji kopi dan membuat kopi sendiri dengan Grinder atau mesin giling kopi. 

Pentingnya Grinder adalah, kopi bubuk yang disimpan lama, akan hilang aroma dan mengurangi rasa, karena kopi bubuk sangat rentan sekali dengan oksidasi.

Walaupun sudah di simpan di kotak kedap udara, tetap saja kualitas dan rasa akan menurun. Maka dari itu, banyak orang yang memiliki grinder sendiri, agar selalu mendapatkan cita rasa asli dan aroma sedap dari kopi.

Memiliki mesin grinder, juga harus tau bagaimana merawatnya, karena terkadang, mesin grinder  yang sering digunakan akan berkurang kadar konsisten dari bubuk yang dihasilkan.

Anda harus rutin mengkalibrasi mesin grinder, agar selalu awet dan menghasilkan bubuk kopi yang Anda inginkan.

Apa itu kalibrasi Grinder Kopi ? 

Kalibrasi grinder adalah proses menyetel ulang mesin, agar biji kopi giling yang dihasilkan memiliki cita rasa yang selalu baik.

Alat atau mesin grinder akan mengalami pergeseran dan pengendoran baut, klep, pegas ataupun mata pisau yang menjadi tumpul. Tidak hanya kalibrasi mesin nya saja, tapi juga pembersihan dan perawatan secara berkala. 

Hal ini wajib untuk dilakukan, agar biji kopi yang dihasilkan selalu pas dengan selera. Kalibrasi menentukan grind size atau hasil gilingan. Hasil gilingan menentukan ukuran ml yang dihasilkan, dan kalibrasi juga menentukan rasa.

Hampir semua grinder, cara melakukan kalibrasinya itu sama saja. Ada 2 burr dalam grinder, Burr statis dan juga burr bergerak. Kalibrasi sejatinya, membuat keduanya bekerja dengan optimal.

Jika burr statis dan burr bergerak berjauhan, hasil grind size atau gilingan kopi menjadi kasar, dan biasanya Anda menyetel di nomor yang besar.

Jika kedua burr ini dekat, maka grind size atau hasil gilingan menjadi lebih halus, ditandakan dengan Anda memilih nomor yang kecil.

Hasil Grind Size :

grind size coffee

elegantcoffee.com

  • COURSE   = KASAR
  • FINE          = HALUS
  • MEDIUM    = SEDANG

Patokan saat kalibrasi :

  • Dose = Berapa gram, timbang dengan portafilter 
  • Yield = Berapa ml hasil espresso
  • Time = Berapa durasi waktu untuk brewing/menyeduh 
  • Taste = Tes rasa 

Kapan waktu kalibrasi? 

Jika Anda pemilik kedai, lakukan kalibrasi setiap hari, agar rasa kopi yang dihasilkan selalu konsisten. Tapi jika Anda penikmat kopi di rumah, mungkin tergantung, apakah Anda merasa aroma, rasa dan kualitas hasil kopi Anda tak seenak sebelumnya.

Nah, kalibrasi mesin bermanfaat juga untuk menjaga karakter kopi agar selalu terjaga kualitasnya. Menjadi barista atau Anda sebagai penikmat kopi, tidak hanya tentang mendapatkan biji kopi terbaik dari daerah mana, atau penyimpanan dan jenisnya juga.

Tapi juga harus memperhatikan bagaimana cara, merawat dan mengkalibrasi mesin kopi agar selalu, bisa mendapatkan rasa kopi yang diinginkan. 

Sebelum memulai kalibrasi, hal ini juga tidak kalah penting, yaitu membersihkan grinder mesin dalam dan luar terlebih dahulu.

Karena, kebersihan dari Grinder pun sangat mempengaruhi dari rasa dan aroma kopi. Mesin grinder yang kotor oleh bubuk kopi sebelumnya dan menumpuk, akan membuat cita rasa kopi tidak lagi maksimal. 

Cara Membersihkan Grinder Kopi

cleaning grinder

theheartybrew.com

Tahap : 

  1. Cabut sumber listrik
  2. Buka skrup di bagian atas atau samping (tergantung grinder)
  3. Lalu putar searah jarum jam
  4. Ambil burr di dalamnya
  5. Bersihkan burr dan bersihkan dalamnya dengan kuas, cotton bud, dan tisu atau bisa dengan bantuan vakum cleaner (internal link bolde vakum)

Cara kalibrasi grinder kopi 

kalibrasi grinder

fellowproducts.com

Tahap : 

  1. Cabut sumber listrik
  2. Pastikan roda penutup ada di angka 1 atau yang paling halus
  3. Buka skrup pada roda penutup
  4. Dan putar roda kecil di dalamnya ke kanan, 1 atau 2 klik
  5. Pasang roda pemutar dan tetap perhatikan di angka 1. Tutup kembali
  6. Test menggiling. Sampai menemukan Grind size yang diinginkan
  7. Test juga rasa, dan ml yang dihasilkan apakah sudah sesuai dengan selera.
  8. Ulangi. Jika belum, tapi pastikan memutarnya harus satu persatu sampai menemukan grind size dan rasa kopi yang pas. 

Selain ngopi, aroma enak juga bisa kita dapatkan di rumah dengan menggunakan air fryer, lebih sehat dan segar tentunya. Baca lock n lock air fryer review kami agar hidup lebih beraroma.

Grinder untuk di rumah atau pembisnis :

Grinder memiliki Tipe yang berbeda-beda pada setiap kegunaanya. Ada yang fokus untuk bisnis kedai kopi atau untuk pemakaian pribadi sendiri.

Tentunya memang, harga grinder mahal memiliki kualitas yang cukup bagus dan menghasilkan grind size yang konsisten, juga akan awet dalam pemakaiannya.

Menyimpan biji kopi juga salah satu hal yang harus diperhatikan, ya. Beli saja dengan jumlah sedikit, dan lakukan penggilingan sesaat sebelum meminum kopi, agar rasa dan aroma tetap terjaga.

Demikianlah cara kalibrasi mesin kopi, dan juga merawat mesin grinder, karena kedua hal ini sering terabaikan oleh para pecinta kopi. Semoga bisa membantu.