Bread improver untuk donat
Unsplash.com/Rod Long

Bread Improver untuk Donat. Jadi Makin Empuk!

Posted on

Bread improver untuk donat – Siapa yang tidak suka dengan kue donat? Makanan yang berciri khas berbentuk bundar dengan lubang di tengahnya. 

Ditambah dengan pilihan topping beragam, mulai dari cokelat, matcha, gula halus, krim strawberry, ataupun taburan almond.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga menyukai cemilan ini. Karena kue donat merupakan salah satu makanan populer yang banyak dijual, mulai dari mall besar hingga pinggiran kaki lima. 

Membuat kue donat di rumah juga banyak dilakukan orang, untuk berbagai keperluan, seperti acara keluarga, untuk dijual, maupun sekedar untuk cemilan. 

Walaupun banyak yang bisa membuat kue donat, tapi tidak selalu memiliki tekstur yang baik. Terkadang tidak mengembang sempurna, begitu pula dengan rasa yang kurang enak.

Nah, itu terjadi karena tidak semua orang menambahkan Bread Improver ke dalam adonan donatnya. Padahal menambahkan bahan yang satu ini, akan membuat donat yang dibuat memiliki tekstur dan rasa yang lebih baik. 

Apa itu Bread Improver?

Pengganti Bread Improver

Bread Improver adalah bahan tambahan dalam membuat berbagai adonan roti. Berbahan dasar tepung yang telah dimodifikasi dengan berbagai kandungan di dalamnya. 

Seperti, emulsifier, enzim, penguat gluten, pelembut gluten dan juga mineral. Sebenarnya, tanpa Bread Improver roti akan tetap mengembang. Namun hasilnya akan kurang sempurna, karena tekstur yang tidak lembut dan halus. 

Bread Improver salah satu bahan yang jarang diketahui orang umum, kecuali industri bakery. Padahal bahan ini bisa menjadi salah satu rahasia, agar menciptakan roti dan kue yang memiliki rasa yang lezat dan berkualitas. 

Perbedaan Bread Improver dan Fermipan

Banyak orang yang kebingungan dengan perbedaan antara Bread Improver dan juga Fermipan. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda dalam pembuatan adonan. 

  • BREAD IMPROVER 

Seperti yang dijelaskan di atas Bread Improver memiliki fungsi untuk menguatkan jaringan gluten, membantu dalam menambah volume kue donat lebih besar. 

Dan salah satu keunggulan Bread Improver, membuat teksturnya lebih halus dan empuk. Maka dari itu banyak bisnis kuliner, khususnya penjual donat menambahkan bahan ini pada pembuatannya, agar donat atau roti yang dihasilkan bisa berkualitas dan juga tahan lama. 

  • RAGI ATAU FERMIPAN 

Berbeda dengan Bread Improver, ragi memiliki fungsi memproses fermentasi karbohidrat dan menghasilkan karbon dioksida. Tidak hanya mengembangkan adonan, ragi juga menambah rasa dan aroma. 

Ragi memiliki kandungan seperti enzim, lipase, protease, zymase, invertase dan juga maltae. 

Bread improver juga bisa dikatakan makanan dari ragi (yeast food) keduanya memiliki fungsi penting dalam pembuatan donat maupun roti. 

Fungsi Bread Improver untuk Donat

Menjadi bahan opsional yang cukup penting, Bread Improver memiliki fungsi spesifik diantaranya yaitu:

  1. Emulsifier menjadi kandungan dalam Bread Improver yang membantu memperbaiki tekstur donat menjadi lebih lembut, empuk dan juga halus. Serat dari donat akan terlihat lebih baik, dan memiliki kekokohan yang sempurna. 
  2. Sebagai Yeast Food atau membuat ragi (Fermipan) bisa memproduksi gas agar donat lebih mengembang. Kandungan mineral dalam Bread Improver, menjadi makanan yang baik untuk ragi., menjadikan proses pengembangan maksimal. 
  3. Proses fermentasi lebih cepat, menjadi salah satu alasan banyak orang menggunakan Bread Improver. Sangat cocok untuk penjual donat skala kecil maupun skala besar. Dengan begitu proses pembuatan donat menjadi lebih singkat. 
  4. Gluten dalam Bread Improver berfungsi menahan kerangka adonan agar tahan lama. Tanpa Bread Improver, donat tidak akan mengembang sempurna dan bentuknya akan lebih mudah kempes.

Berapa Banyak Takaran Bread Improver untuk Donat?

Walaupun memiliki fungsi yang banyak, namun penggunaannya juga harus diperhatikan, ya. 

Takaran bread improver untuk donat yaitu jika ingin memiliki hasil yang memuaskan gunakan Bread Improver hanya sebanyak maksimal 0,4 % dari jumlah tepung yang digunakan. Jika menggunakan 1 Kg tepung, Anda hanya perlu memasukan Bread Improver sekitar 4 gram saja. 

Atau agar lebih mudahnya, Anda bisa melihat dibalik setiap kemasan produk, karena disana tercantum berapa jumlah penggunaan dan setiap brand memiliki ukurannya masing-masing.

Berikut Beberapa Merk Bread Improver yang Bagus untuk Donat

1. BAKERIN PLUS 

Bread Improver untuk roti

Beberapa toko roti terkenal menggunakan Bread Improver ini. Bakerin Plus mampu melembutkan dan menghaluskan tekstur adonan dan juga serat dengan baik. Harga dari Bakerin Plus berkisar Rp 44.000, untuk ukuran 500 gr.

2. LECITEM-500

Dapatkan hasil akhir donat yang lembut dan juga empuk, gunakan tepung terigu berprotein tinggi agar hasil lebih maksimal. Berukuran 500 gr, harga merk ini sekitar Rp 38.000.

3. BAKER BONUS 

Menjadi salah satu merk Bread Improver yang paling banyak digunakan. Komposisi bahan yang alami ragi dan tepung terigu. Baker Bonus memiliki banyak ukuran, salah satunya berukuran mini 10 gr dengan harga Rp 5.000.

4. PURATOS S-500

Donat akan lebih padat dan juga memiliki tekstur yang halus dengan merk ini. Kandungan murni asam askorbat yang cukup tinggi dan memiliki daya serat yang juga tinggi. Dijual di marketplace dengan harga Rp. 52.000, ukuran 500 gr. 

5. IF-100 

fungsi Bread improver

Menjadikan adonan donat lebih empuk dan halus. Dan juga kecepatan fermentasi lebih stabil. Memiliki harga Rp 42.000 untuk ukuran 500 gr. 

6. MAGIMIX YELLOW

Serat pada roti akan mudah memadat, dan proses fermentasi lebih cepat terjadi dengan merk yang satu ini. Salah satu Bread improver dengan komposisi tepung terigu, sodium metabisulfit dan juga enzim yang baik. Harga yang tidak beda dengan yang lain berkisar Rp 68.000 dengan ukuran 500gr. 

Pengganti Bread Improver untuk Donat 

Beragam pilihan merk Bread Improver di atas, bisa Anda dapatkan di berbagai e-commerce, seperti tokopedia, shopee, bukalapak ataupun toko kue terdekat. 

Tapi jika Anda tetap kesulitan mendapatkan Bread Improver atau Anda lebih memilih bahan yang alami, ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti Bread Improver. Salah satunya water roux

Namun, banyak yang beranggapan water roux membuat adonan lebih kering. Bagi Anda yang belum mengetahui Water roux, ini adalah teknik membuat biang dengan mencampurkan tepung terigu dan cairan seperti air atau susu. 

Ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai pengganti Bread Improver. 

Bread improver bisa diganti dengan apa? Jawabnya adalah dengan perasan lemon atau perasan jeruk nipis. Sebagai contoh, jika Anda memiliki resep 500 gr tepung protein tinggi, gunakan 2 sdm air perasan jeruk nipis ataupun perasan lemon. 

Kandungan dalam lemon ataupun jeruk nipis, bisa menggantikan fungsi Bread Improver, untuk membuat adonan donat lebih baik.

Apakah Bread Improver Aman?

Walaupun ada pilihan yang lebih alami seperti perasan jeruk nipis atau lemon. Akan tetapi Bread Improver yang dijual dipasaran juga sangat aman digunakan dan dikonsumsi. 

Karena brand-brand di atas sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI, juga memiliki standar SNI, dan resmi untuk diedarkan dan diperjualkan di Indonesia. 

Kandungan Bread Improver tidak ada bahan yang membahayakan, tidak mengandung bahan pengawet serta tidak berdampak buruk bagi kesehatan. 

Pilihan menggunakan Bread Improver untuk membuat donat yang lebih empuk, lembut, bertekstur baik, memiliki cita rasa yang enak dan juga tampilan yang lebih menarik.