bread improver adalah

Bread Improver Adalah

Bread Improver adalah bahan yang digunakan untuk meningkatkan mutu roti atau kue. Pada dunia bisnis bakery, kualitas akhir menjadi hal yang penting. Penggunaan produk bread improver dipengaruhi segmentasi pasar dari konsumen produk tersebut. Selain itu, faktor jumlah produk yang akan kita produksi serta jenis cake atau roti itu sendiri.

Pengertian Bread Improver

Anda mungkin sudah pernah baking soda? Nah, secara umum bahan tambahan ini memiliki kesamaan tetapi tidak sesederhana itu. Bagi Anda yang membuat kue untuk konsumsi sendiri atau home-made, bahan tambahan roti ini dapat diganti dengan apa baking soda saja.



Sederhananya, jika masih tahapan mencoba dan membuat roti atau kue untuk dimakan sendiri, tidak perlu pake bread improver gak masalah. Karena ini hanya salah satu bahan untuk membuat roti.

bread improver untuk donat

Sedangkan, bagi Anda pengusaha yang bergelut di bidang industri kuliner, produsen roti, bakery. Baik yang made by order,  maupun memproduksi secara masal, salah satu leverage bisnis Anda agar bisa scale up adalah peningkatan mutu dan peningkatan jumlah produksi. Penggunaan bread improver menjadi salah satu pengungkitnya.

Bahan ini sifatnya sebenarnya opsional, tanpa ini pun, roti tetap bisa mengembang. Tentu dengan proses pembuatan yang baik & benar.

Tetapi jika mau mengutamakan kualitas, serat yang halus, terkstur yang lembut dan hasil akhir yang kokoh dengan sempurna, bread improver adalah solusinya.

Bahan yang terkandung di dalamnya biasanya terdiri dari enzim lipase, enzim amilase, oxidizing agent, emulsifier,  asam askorbat, mineral & bubuk tepung soya.

Produksi dalam jumlah banyak akan sangat terbantu jika adonan ditambahkan bread improver. Karena proses pengembangan adonan roti jadi lebih cepat, jika dibanding tanpa menggunakannya.

Ketika adonan dicampur dengan bahan pembuat roti ini, akan terjadi proses produksi gas yang menjadi penyebab kuatnya kadar gluten saat adonan mengembang.

Manfaat & Fungsi Bread Improver

apa itu bread improver

  1. Meningkatkan citarasa roti yang lebih enak. Adonan roti yang memakai bahan bread improver yang tepat, dipercaya menjadikan rasa jadi enak. Proses fermentasi menjadi penyebab kenapa rasanya menjadi nikmat. Tekstur jadi lembut, sehingga terasa enak di lidah.
  2. Tekstur dari produk yang dihasilkan memiliki karakteristik lebih lama halusnya. Pembuatan tanpa formula ini, tekstur halus pada badan roti hanya bertahan di awal-awal setelah matang saja. Dengan bantuan bread improver, tekstur halus ini bisa tahan lama.
  3. Aman dikonsumsi oleh siapapun. Karena terbuat dari bahan yang aman, produk yang menggunakan olahan ini aman dikonsumsi. Sehingga pemilik usaha roti akan mudah untuk memperoleh legalitas halal dari LPPOM MUI maupun izin SNI.
  4. Membuat mengembang camilan yang dihasilkan. Camilan dengan formula tepung terigu, jika dicampur bread improver yang cukup, maka akan mudah mengembang. Bahkan camilan tanpa tepung terigu pun juga bisa mengembang, jika ditambahkan bahan ini.
  5. Gampang dicerna oleh tubuh. Metode produksi roti yang enak, dimulai ketika molekul air diikat oleh enzim amilosa yang ada pada bread improver. Hasilya akan membetuk gel pati, ini menyebabkan makanan berpati jadi terasa lembut & mudah dicerna.
  6. Mempercepat proses fermentasi. Kita semua udah faham, yang membuat lama pembuatan roti adalah fermentasi. Dalam produksi masal, ini menjadi kendala jika permintaan konsumen meningkat. Satu bahan yang menjadikan kue menjadi lebih enak.

Jenis-jenis Bread Improver

bread improver adalah

Ada beberapa ragam bread improver, setiap produsen memiliki aneka jenis yang berbeda. Misalnya titan baking memproduksi 5 macam yang berbeda-beda. Kemudian produsen lain seperti indofermex memiliki 16 varian bread improver. Ada juga produk Saf yang juga memiliki berbagai macam bahan pembuat roti ini.

Beberapa produk ini sangat mudah Anda peroleh di marketplace maupun browsing di internet. Sayangnya bahan ini di alfamart & minimarket lainnya, biasanya masih belum tersedia.

Kenapa banyak banget varian bread improver? Hal ini tergantung dengan hasil yang diinginkan. Ini disesuaikan produksi roti yang dinginkan. Misal bila ingin hasil roti yang lebih besar atau lebih lembut dan empuk

Ini tentu juga disesuaikan dengan segmen pasar yang Anda target, selera pasar yang menjadi Anda sasar serta harga jual produk Anda sendiri.

Selain yang sudah ada, apabila Anda suka bereksperiman dan riset pasar terhadap keinginan customer. Anda bisa saja menghubungi produsen bread improver untuk membuat varian yang sesuai dengan keinginan Anda.

Demikian informasi dari web review alat masak modern, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.