borosilicate glass

Informasi Lengkap Borosilicate Glass, Yuk baca!

Borosilicate glass belakangan menjadi salah satu bahan utama pembuatan alat masak, peralatan makan hingga botol minum. Peralatan yang menggunakan bahan kaca borosilcate juga digunakan untuk alat alat laboratorium, sehingga aman digunakan.

Anda yang masih bimbang menggunakan kaca borosilicate, berikut adalah informasi terkait dengan pengertian, manfaat dan jenis-jenisnya. Informasi di dalam artikel ini akan membantu Anda memahami lebih jauh tentang kaca borosilicate.

Pengertian Borosilicate Glass



Borosilicate glass adalah jenis kaca yang bahan dasarnya silica dan boron trioksida. Ketahanan kaca borosilicate adalah daya tahannya yang tinggi terhadap perubahan suhu. Resistensinya terhadap bahan kimia juga lebih baik dibandingkan dengan kaca sejenisnya.

Kaca ini pertama kali dikembangkan di akhir abad ke-19, Otto Schott merupakan ilmuwan berkebangsaan Jerman yang membuatnya. Saat ini sudah banyak peralatan makanan yang menggunakan kaca borosilicate guna menghindari resiko keracunan bahan kimia.

Simak juga cara menggunakan beaker glass, agar Anda juga tahu bahwa alat dapur dari bahan gelas ini sangat baik untuk estetika rumah serta memberikan nuansa spesial ketika di meja makan.

Jenis Borosilicate Glass

borosilicate glass

Ada tiga jenis bahan dasar yang digunakan untuk membuat kaca borosilicate, diantaranya adalah:

  • Non Alkaline Earth, tipe ii lebih dikenal sebagai borosilicate 3.3 glass. Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan alat gelas ataupun peralatan di dalam laboratoritum. Jenis ini memiliki kualitas yang paling tinggi dibandingkan dengan kaca borosilicate yang lain.
  • Alkaline Earth, benda jenis ini memiliki kualitas menengah dan sudah banyak ditemukan di pasar Indonesia. Selain untuk peralatan masak, kaca borosilicate ini juga digunakan untuk pembuatan gelas kaca laboratorium.
  • High Borate, produk inimerupakan jenis kaca borosilicate yang digunakan untuk peralatan khusus. Jenis kaca borosilicate yang satu ini masih sulit ditemukan di Indonesia karena produksinya yang terbatas.

Keunggulan Borosilicate Glass

Borosilicate glass bisa pecah karena memang terbuat dari bahan kaca, karena itu penggunaannya harus berhati hati. Meski demikian, bukan berarti kaca ini tidak memiliki keunggulan, beberapa keunggulannya adalah:

  • Mampu Menjaga Suhu dengan Baik

Botol atau gelas yang terbuat dari bahan kaca borosilicate mampu menjaga suhu dengan baik, bahkan cenderung stabil dalam jangka waktu yang lama. Inilah alasan kenapa kaca borosilicate banyak digunakan untuk peralatan laboratorium.

  • Bahan Kimia Tidak Terserap

Jika Anda menggunakan kaca borosilicate untuk peralatan makan, Anda tidak perlu khawatir ketika digunakan, sebab bahan kaca ini tidak menyerap atau mengeluarkan bahan kimia ke bahan masakan. Tidak heran banyak botol bayi, peralatan makan ataupun minum yang menggunakan kaca borosilicate.

  • Aman Digunakan dalam Waktu Panjang

Apabila dibandingkan dengan bahan yang terbuat plastik, kaca borosilicate lebih bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Tentunya Anda tetap harus menjaga kebersihan peralatan yang terbuat dari kaca borosilicate dengan membersihkannya secara rutin.

Harga Borosilicate Glass

Setelah mengetahui kelebihan borosilicate glass, Anda tentu tertarik untuk membeli dan menggunakannya. Kaca borosilicate bisa Anda beli di marketplace ataupun di toko kaca dan peralatan laboratorium. Biasanya kaca borosilicate sudah berbentuk gelas, panci, ataupun peralatan makan, sehingga lebih mudah digunakan.

Harga kaca borosilicate bervariasi, untuk satu produknya bisa Anda dapatkan dengan rentang harga 80 ribu – 250 ribu rupiah, tergantung dengan jenis kaca dan produk yang dibeli. Akan lebih baik Anda menanyakan terlebih dahulu terkait dengan harga dan spesifikasi produk kaca borosilicate sebelum membeli.

Perabotan ini bisa menjadi pilihan Anda sebagai bahan kaca pengganti untuk peralatan masak ataupun alat laboratoritum. Informasi terkait dengan kaca borosilicate bisa Anda dapatkan lebih lengkap di keterangan produk yang ingin Anda gunakan.

Leave a Reply