bakso blender kenyal

Cara Membuat Bakso dengan Blender Kenyal dan Gurih

Posted on

Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, dan rasanya akan sangat menyenangkan kalau bisa membuatnya sendiri. Karena itu di sini akan diberikan bagaimana cara blender daging bakso yang mudah dilakukan dan hasilnya enak.

Tidak hanya itu itu saja, di sini juga diberikan tips agar bakso tidak gagal dan tetap terasa kenyal. Jadi tentu akan sangat membantu bagi yang ingin membuat bakso sendiri yang jauh lebih sehat dan tentunya lebih terjamin higienisnya.

Bacalah artikel kami tetnang cara menggunakan blender philips agar hasil lebih optimal.

Cara Membuat Bakso dengan Blender

blender pembuat bakso

Jadi di sini akan dijelaskan bagaimana cara membuat bakso simple yang hanya bermodalkan blender saja. Bahkan cara untuk membuatnya ini hanya bermodalkan blender saja, dan semua bahannya bisa ditemukan dengan mudah oleh karena itu sayang jika tidak dicoba.

1. Menyiapkan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah menyiapkan bahan untuk membuat baksonya terlebih dahulu. Karena ini adalah bakso sapi, maka bahan utamanya adalah daging sapi seperempat kilo (250 gram).

  • Tepung tapioka 3sdm
  • Telur 1butir, hanya bagian putihnya saja
  • Bawang putih goreng 2 siung
  • Bawang merah goreng 1 siung
  • Garam 1 sdt
  • Lada bubuk 1/2 sdt
  • Es batu secukupnya

2. Haluskan Daging

Setelahnya adalah menghaluskan daging dengan menggunakan blender, saat itu campurkan juga es batu di dalamnya. Lalu saat sudah halus masukan putih telur untuk kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya sampai sudah tercampur dengan rata.

3. Uleni Adonan

Sekarang saatnya untuk menguleni adonan, tentunya tujuannya agar adonan ini gampang untuk dibentuk. Saat menguleni adonan ini bisa mencampurkan sedikit demi sedikit dengan tepung tapioka sampai bisa dibentuk bulat-bulat kecil layaknya bakso.

4. Rebus Sampai Matang

Apabila sudah berbentuk sesuai dengan keinginan, maka siapkan panci dan tuangkan air lalu masukan adonan tadi ke dalam panci tersebut. Rebus semuanya sampai matang yang biasanya ditandai dengan bakso yang mulai mengapung dan adonannya tidak terlihat masih basah.

5. Diletakan Di Dalam Wadah

Kalau sudah dirasa memiliki kematangan yang pas, maka sekarang tinggal meletakan bakso tersebut ke dalam wadah. Saat diletakan di dalam wadah ini, pastikan ada air es di dalamnya letakan sebentar saja, dan kemudian angkat lalu tiriskan.

Bakso pun sudah siap disajikan dengan beragam bumbu. Apabila ingin menyajikan baksonya, maka ada baiknya bakso direbus lagi ddengan waktu sebentar, tujuannya untuk menghangatkan bakso tersebut.

Tips Mem-blender Daging Bakso Anti Gagal

blender daging bakso

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat bakso dengan blender, maka sekarang akan diberikan tips atau resep bakso sapi blender anti gagal. Tentunya tips ini membuat bakso menjadi lebih kenyal dan tidak alot.

1. Penggunaan Es Batu

Terkadang masih banyak orang yang meremehkan kehadiran es batu, padahal es batu memegang peranan penting untuk membuat bakso menjadi kental. Karena itu ada baiknya untuk meletakan es batu berbarengan saat menghancurkan daging di blender.

2. Air Hangat

Ketika merebus bakso, hindari langsung merebusnya dalam air yang mendidih. Melainkan letakan bakso pada air yang masih hangat dan kemudian biarkan sampai mengapung dan tunggu sampai mendidih.

3. Cara Mencampurkan Bahan

Dalam mencampurkan bahan juga tidak boleh asal-asalan, melainkan ada takarannya sendiri. Untuk daging dan tepung tapioka, perbandingan yang digunakan adalah 4:1 jadi daging lebih banyak supaya bakso lebih kenyal.

4. Putih Telur

Terakhir adalah hal yang tidak kalah penting yakni putih telur. Fungsi putih telur di sini adalah untuk membuat bakso menjadi lebih kenyal, jadi jangan pernah lupakan bahan yang satu ini ke dalam campurannya.

Itulah tadi beberapa cara membuat bakso dengan blender yang ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips yang sudah disebutkan di atas supaya bakso menjadi semakin kenyal.