pengertian baking paper

Baking Paper Adalah

Membuat kue akan lebih sempurna jika menggunakan baking paper sebagai alas ketika memanggang ke dalam oven atau microwave. Baking paper adalah kertas khusus untuk alas dalam pembuatan roti/kue, dengan serat super halus, anti lengket dan bisa dipakai berulang kali tetap aman.

Baking paper yang baik bersifat non-stick, ketika dipakai loyang tetap bersih, sehingga setelah dipakai tanpa perlu dicuci bisa langsung dipakai lagi. Kegunaan utamanya adalah menahan panas agar lebih merata tidak cuma bagian bawah saja.



Sering dikenal dengan istilah parchment paper atau kertas baking atau kertas roti anti lengket. Mudah dipotong, bahkan ada pisau khusus dibelakangnya. Sehingga praktis dipotong sesuai keperluan.

 

Awas jangan sampai keliru dengan kertas roti ya. Harganya relatif lebih murah, tetapi tentu kualitas berbeda jauh. Meskipun sama-sama digunakan sebagai alas pembuatan kue.

Kertas roti tidak bisa dipakai berulang kali, cukup sekali pakai karena tidak aman dikonsumsi. Selain itu dalam proses peng-ovenan, kertas roti mesti diolesin mentega atau margarin agar nanti mudah dicopot. Ini berbeda dengan baking paper, yang tidak perlu diolesin apapun.

Dari segi kesehatan konsumen maupun faktor ramah lingkungan, jelas baking paper lebih sehat dan eco-friendly. Baking paper lebih aman, karena makanan bebas dari kontaminasi kertas yang bisa saja menempel meskipun sedikit.

Merk Baking Paper

baking paper adalah kertas baking

Menurut Food Network, pemakaian baking paper sendiri berawal dari Prancis dengan istilah en papillote, yang artinya dibungkus. Jadi awalnya makanan sebelum dipanggang dibungkus dulu. Ini agar makanan lebih beraroma bumbunya, cepat matang & lebih mudah.

Seven

Ini adalah baking paper buatan lokal, kualitas aman. Anda yang peduli lingkungan, bisa menggunakan produk ini.

pengertian baking paper

Bakindo

Sama seperti sebelumnya, ini juga salah satu produk buatan pribumi untuk produk alas panggang roti.

Best Fresh

Ini produk baking paper yang paling umum digunakan. Meskipun produk import, tapi harga juga relatif terjangkau.

Le’ Bakers

Dari namanya merknya pasti bisa ditebak. Produk import dari Prancis ini cukup terkenal sebagai brand dunia baking.

 

Total Bake

Tanpa Merk

Masih ada banyak merk lain sebenarnya, karena keterbatasan kami saja. Di pasaran ada banyak produk tanpa merk yang dipasarkan. Biasanya ini dipakai untuk produsen roti untuk mengurangi biaya bahan, mereka pesan langsung ke produsen alat dan bahan kue, sehingga diproduksi baking paper tanpa merk yang tentunya harganya relatif murah, ini cocok untuk Anda pengusaha yang bergelut di dunia roti, kue, biskuit dan baking.

Jenis Baking Paper

alas baking

Jenis baking paper sendiri ada dua macam berdasarkan warnanya. Yang pertama berwarna putih, ini kualitas lebih bagus karena ada proses memutihkan agar terlihat lebih bersih prosesnya sendiri menggunakan klorin.

Baking paper kedua yang ada di pasaran adalah yang berwarna coklat, tidak mengalami proses pemutihan. Sehingga, dipakai berulang kali warnanya tetap coklat. Ada yang bilang justeru yang coklat lebih bagus, karena yang warna putih bisa saja ada sisa klorin pemutih yang berbahaya bagi tubuh.