bahaya radiasi kompor induksi

Bahaya Radiasi Kompor Induksi dan Hal-hal yang Berkaitan Dengan Kompor Induksi

Adakah bahaya radiasi kompor induksi? Mungkin Anda yang baru saja membeli kompor induksi pernah menanyakan ini ya. Kompor induksi memang tidak bekerja seperti kompor gas. Maka itu, dapat dipahami kalau Anda bertanya tentang keselamatan selama Anda memakai kompor ini.

Mengenal Kompor Induksi

Seperti yang kita ketahui bersama, jika kompor merupakan peralatan rumah tangga yang hampir dimiliki setiap rumah di dunia. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis kompor yang paling tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.



Nah, selain kompor gas, Anda sebenarnya juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kompor induksi. Karena kompor induksi bekerja dengan cara yang lebih hemat dan lebih efisien.

Tidak sama dengan kompor gas yang memanfaatkan panas dari nyala api untuk memasak, kompor induksi memanfaatkan energi listrik sebagai sumber panas. Sehingga kompor ini tidak menggunakan gas.

Bagaimana Cara Kerja Kompor Induksi?

efek samping kompor listrik

Kompor induksi bekerja saat alat masak diletakkan tepat di atas kompor. Dari sini kemudian arus listrik bolak-balik akan mengalir dari dalam badan kompor melalui gulungan kawat yang ada. Arus listrik tersebut lalu menciptakan sebuah medan magnet yang berosilasi dan menghasilkan arus eddy. Arus eddy ini dihasilkan melalui resistansi alat masak.

Sebagai penjelasan yang mudah, jadi kompor induksi ini bekerja dengan cara mengalirkan panas dengan cara induksi magnetik ke peralatan masak Anda. Sehingga, meskipun dioperasikan, permukaan kompor induksi aman untuk disentuh dan tidak panas.

Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Sebelumnya, perlu Anda ketahui, agar tidak salah pengertian bahwa kompor listrik dan kompor induksi ini merupakan dua jenis kompor yang benar – benar berbeda. Kompor listrik jelas – jelas menggunakan energi listrik. Serta mesti dicolokkan ke terminal listrik untuk mendapatkan aliran listrik yang nantinya diubah ke energi panas.

Lazimnya, kompor listrik memanfaatkan resistor dengan ukuran yang besar serta terbuat dari nikrom kawat. Panas dari listrik ini akan dialirkan melalui sejenis permukaan yang memiliki bentuk melingkar bagaikan obat nyamuk. Dengan demikian, kompor listrik ini tidak aman disentuh sebab permukaannya sangat amat panas ketika dioperasikan.

Berbeda lagi dengan kompor induksi. Di mana kompor ini memang menggunakan reaksi elektromagnetik dari dalam kompor. Reaksi elektromagnetik ini nantinya akan dihantarkan menuju peralatan masak di atasnya. Sehingga, kompor induksi mampu membuat proses penghantaran panas secara lebih merata, lebih cepat, dan terus konsisten.

Kelebihan kompor Induksi 

Apa saja kelebihan kompor induksi jika dibandingkan dengan kompor lain? Berikut ulasannya!

  • Bentuk lebih elegan

Jika membeli kompor induksi, maka Anda akan mendapatkan kompor dengan permukaan kaca yang datar serta dilengkapi pemanas. Very stylish.

Berbeda dengan kompor gas atau kompor listrik di mana bentuk keduanya kurang mewah. Kompor biasa memiliki tungku dan kompor listrik memiliki kumparan kawat. Benar-benar kurang elegan untuk zaman sekarang bukan?

  • Suhu panas yang lebih terkendali

Kompor induksi mampu mengendalikan suhu dengan lebih mudah. Sehingga ini akan memudahkan Anda dalam memasak hidangan apapun. Dan saat Anda mematikan kompor, tidak akan ada perpindahan panas. Semua panas terhenti. Sehingga ini akan membuat masakan Anda menjadi tidak terlalu matang atau overcook.

Ini tentu saja berbeda dengan kompor listrik yang memerlukan waktu yang lebih lama lama untuk mencapai panas yang dibutuhkan. Sama halnya dengan kompor gas.

  • Lebih hemat dalam pemakaian energi

Tahukah Anda, ketika sedang masak dengan menggunakan kompor gas dan atau listrik, maka energi panas dari api sebenarnya akan terbuang di sekitar wajan, panci atau apapun peralatan masak Anda pada saat proses memasak.

Di sisi lain, kompor induksi bekerja dengan cara lain. Kompor ini memanaskan alat masak secara langsung dengan menggunakan energi elektromagnetik.  Sehingga hanya alat masak saja yang menjadi panas. Namun kompor tetap dingin. Tentu saja hal ini juga lebih menghemat biaya juga waktu.

  • Permukaan kompor tetap dingin

Karena kompor induksi ini hanya memanaskan peralatan masak saja, maka bagian lain dari kompor ini tetap dingin. Dan Anda akan terhindar dari risiko terkena panas, luka bakar, dan kebakaran.

  • Mudah dibersihkan

Permukaan kompor induksi dengan bentuk yang flat dan tetap dingin ini juga akan membuat Anda lebih mudah merawat dan membersihkannya.

Kompor induksi ini juga aman untuk digunakan, utamanya jika Anda memiliki anak kecil di dalam rumah. Namun, bagaimana pun juga, anak harus tetap dalam pengawasan orang tua. Karena panci dan alat masak tentu saja tetap menjadi panas saat proses memasak dengan kompor induksi.

  • Lebih aman jika dibanding dengan kompor listrik dan gas

bahaya radiasi kompor induksi

Karena kompor induksi tidak menggunakan gas, maka Anda tidak perlu khawatir dg masalah kebocoran gas di dalam rumah.

Selain hal itu, penggunaan kompor induksi ini dapat meminimalisir risiko benda terbakar. Contohnya lap masak yang mungkin tidak jarang berada di dekat kompor.

Kompor induksi ini juga otomatis berhenti beroperasi ketika wajan atau panci diangkat dari permukaan kompor. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir jika suka lupa mematikan kompor ketika Anda akan bepergian.

Segala yang dari listrik memang ada efek samping kekurangannya, misalnya produk air fryer hemat listrik pun tetap juga memiliki efek bahayanya yang mesti hati-hati dalam penggunaanya.

Kekurangan kompor induksi 

  • Harganya mahal 

Kompor induksi sudah barang tentu lebih mahal jika dibanding dengan kompor gas atau kompor listrik.

  • Membutuhkan peralatan masak khusus

Meski banyak peralatan masak terutama yang dibuat dari stainless steel masih bisa digunakan untuk memasak dengan kompor induksi, tetapi ada juga peralatan masak yang tidak didukung oleh kompor ini.

Peralatan masak yang kompatibel digunakan untuk memasak pada kompor induksi biasanya terbuat dari bahan besi bermagnet. Peralatan ini memiliki sifat penghantar panas yang baik. Dan tentu saja, peralatan masak Anda harus mampu bereaksi dengan pemanas induksi.

Anda sebenarnya juga bisa menemukan peralatan masak yang memiliki label “aman induksi” di toko – toko. Namun jika Anda tidak yakin dengan kompatibilitas peralatan masak yang dimiliki dengan kompor induksi, maka Anda bisa lakukan hal ini untuk mengetesnya. Tempelkan magnet di bagian bawah wajan. Jika magnet Anda mau menempel, maka wajan bisa digunakan untuk memasak pada kompor induksi.

  • Makanan bisa terlalu matang pada awal penggunaan

Jika Anda baru saja beralih ke kompor induksi, biasanya beberapa kebiasaan lama yang perlu Anda ubah. Sebab, memasak menggunakan kompor induksi tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena kompor ini mampu memanaskan peralatan masak lebih cepat dan lebih merata sehingga makanan Anda akan lebih cepat matang.

Karena hal itu, maka Anda harus mengganti kebiasaan memasak yang terlalu lama. Hal ini dapat membuat makanan Anda terlalu matang / overcook.

  • Kompor induksi sangat mudah tergores

Disebabkan karena permukaan kompor induksi yang dilapisi dengan kaca halus, hal ini membuat kompor induksi lebih rentan kepada goresan.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan alat masak yang bersih dan dengan permukaan yang halus. Anda juga harus menghindari menggesekkan panci, wajan atau benda keras lain pada permukaan kompor.

Bahaya radiasi kompor induksi

bahaya kompor listrik

Apakah kompor induksi berbahaya? Ini adalah pertanyaan utamanya, setelah kita tahu apa manfaat dan kekurangan kompor ini.

Dan jawabannya adalah tidak. Kompor induksi tidak berbahaya. Jika dipakai sebagaimana mestinya. Karena kami yakin setiap benda yang dipakai tidak sebagaimana mestinya, atau secara berlebihan akan berbahaya.

Kesimpulan

Demikian sedikit ulasan mengenai bahaya radiasi kompor induksi & hal lain yang berkaitan dengan kompor ini. Selamat mengintip harga-harga kompor induksi dan silahkan menikmati sajian konten kami ya

Leave a Reply