panci tanah liat

Sebelum Beli, Baca Dulu Kelebihan dan Kekurangan Panci Tanah liat 

Zaman yang sudah makin modern, dan kita semua semakin akrab dengan teknologi terbaru. Bahkan dari peralatan rumah tangga saja banyak yang mengalami perubahan, seperti pan coating yang dengan teknologi lapisan keramik terbaru, pompa galon elektrik, bread maker dengan sekali tekan tombol dan lain sebagainya. 

Namun disisi lain, banyak pula orang yang back to nature, atau mencoba kembali kepada hal-hal natural.



Contohnya, banyak orang yang saat ini kembali menggunakan sepeda untuk olahraga ataupun transportasi, kembali bertanam dan mengolah hasil kebun sendiri, begitu juga dengan alat masak.

Walaupun banyak sekali wajan yang membuat inovasi teknologi terbaru, tapi wajan seperti stainless steel dan tanah liat zaman dulu saat ini mulai kembali digandrungi.

Panci dari tanah liat 

Panci dari tanah liat sudah digunakan lebih dari 12.000 tahun lalu. Awalnya tidak digunakan untuk memasak, tapi lama kelamaan, tanah liat dipergunakan untuk peralatan masak.

Hampir semua rumah di pedesaan India, memiliki tanah liat untuk keperluan memasak. Sebelumnya industri kerajinan gerabah, menemukan tanah liat adalah barang yang kokoh dan menjadikannya pot.

Namun, akhirnya mereka mengetahui bahwa tembikar memiliki kekuatan untuk menyimpan air. Orang mesir lah pengguna pot pertama kalinya. 

Kelebihan tanah liat untuk memasak

panci tanah liat

nomlist.com

Sangat banyak informasi sekitar kelebihan dari panci tanah liat, karena banyak yang beranggapan jika kembali memakai peralatan yang jaman dulu, yang dipakai oleh nenek kita adalah sesuatu yang alami, panci tanah liat juga memiliki tampilan yang klasik, itu juga yang membuat banyak orang kembali ingin menggunakannya.

Dilansir Veganfirst.com ada beberapa hal yang membuat memasak dengan panci tanah liat lebih sehat. 

1. Memiliki benefit untuk kesehatan

Manfaat kesehatan dari panci tanah liat adalah mampu mengalirkan uap secara merata, pori-pori pada tanah liat, memungkinkan panas dan kelembaban memiliki sirkulasi dan membuat masakan lebih merata.

Hal ini pulalah yang membuat nilai gizi pada makanan tetap terjaga. Dan juga lebih sedikit menggunakan minyak dan mengurangi lemak.

Memasak dengan tanah liat juga kaya akan mineral, seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan lainnya. Anda juga bisa membaca, 5 Jenis Panci Healthy Cook, wajan yang aman untuk gaya hidup sehat.

2. Rasa yang lebih khas 

Tanah liat juga bersifat basa, saat terjadi proses pemasakan ada interaksi asam dalam makanan, sehingga mampu menetralkan keseimbangan pH.

Pemasakan dengan teknik slow cook  juga menjadikan rasa yang lebih khas pada makanan. Tidak hanya sehat tapi memasak dengan tanah liat membuat rasa menjadi lebih enak dan memiliki aroma yang khas. 

3. Tidak perlu dipanaskan 

Tanah liat mampu mempertahankan panas lebih lama Anda tidak perlu terus memanaskan makanan Anda, karena itu dapat mengurangi gizi. Panci biasa, akan cepat menghilangkan panas, tapi tidak dengan tanah liat, yang mampu mempertahankan panas lebih lama dari panci biasa 

Kekurangan memasak dari panci tanah liat 

panci tanah liat

patelbros.com

Setelah mengetahui kelebihannya dari panci tanah liat, Anda juga harus mengetahui kekurangannya sebelum membeli. Apakah benar sehat dan aman? Atau malah sebaliknya.

Dengan mengetahui kekurangan, kita jadi bisa lebih aware dengan barang yang ingin kita gunakan, terlebih lagi untuk menyiapkan makanan untuk keluarga.

Dilansir dari nicerabode.com, memasak dengan panci tanah liat memang memiliki banyak sekali kelebihan, namun Anda juga harus mengetahui kekurangannya, agar Anda bisa lebih hati-hati dalam memilih panci tanah liat.

1. Terkontaminasi

Panci tanah liat yang banyak dijual dipasaran, tidak semua merupakan tanah liat murni. Banyak industri peralatan rumah tangga yang mencampur tanah liat dengan banyak sekali element lain, salah satunya timah. 

Saat proses pembuatan juga pasti lebih banyak mengandung banyak sekali impurities. Impurity adalah zat yang tidak diinginkan, seperti oksidasi besi, jejak logam, dan hal ini beberapa bahannya bisa mengganggu kesehatan.

Jadi jangan terkecoh dengan harga murah, walaupun seller memberi info bahwa itu adalah panci dengan tanah liat murni, Anda harus teliti dan melakukan kroscek yang lebih dalam lagi sebelum membelinya. 

2. Panci tanah liat dengan coating 

Industri saat ini mampu membaca, banyak orang yang perlahan beralih ke panci tanah liat, namun sebenarnya memakai panci tanah liat itu membutuhkan teknik tertentu.

Mulai dari proses memasak yang harus menggunakan api kecil, hingga proses membersihkan yang cukup sulit.

Pada akhirnya membuat industri peralatan masak membuat tanah liat dengan coating, agar proses memasak dan membersihkan menjadi lebih mudah . 

Tapi ternyata disinilah masalahnya, coating atau disebut glazed, memiliki efek samping pada kesehatan. Memasak dengan panci berlapis timah dan glazed, membuat makanan terpapar racun. 

3. Dapat mengubah rasa 

Memasak dengan panci tanah liat memang akan terlihat instagramable. Karena terlihat klasik dan tradisional, tapi jika Anda memasak sesuatu yang beraroma, seperti kari, rendang, sup kambing dan lainnya, rasa bisa saja berubah.

Karena tanah liat memiliki pori-pori dan dapat menyerap aroma dari masakan, semakin beragam masakan yang dihidangkan dengan panci tanah liat, semakin bercampur aroma dan rasa dari setiap masakan. 

Bolehkah tetap membeli panci tanah liat? 

Jawabannya adalah boleh, tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memakai panci tanah liat. Karena hal ini penting untuk Anda lakukan sebelum membeli dan memakai panci tanah liat. 

  • Pastikan produk yang Anda beli 100% terbuat dari tanah liat
  • Beli dari seller yang terpercaya, dan memiliki reputasi yang baik
  • Mencari tahu informasi, dan menganalisa secara mendetail tentang tanah liat.
  • Jangan membeli panci tanah liat yang memiliki glazed. Tanpa campuran lapisan glazed, logam, ataupun timah. 

Setelah Anda memastikan barang tersebut 100% tanah liat, Anda juga harus tau cara menggunakannya, salah satunya Anda harus memiliki kesabaran, karena memasak dengan panci tanah liat membutuhkan waktu yang lama, karena harus menggunakan metode slow cooker, atau memasak dengan lambat, dengan api kecil.

Hal ini karena, panci tanah liat sangat rapuh, dan mudah sekali retak. Anda juga harus memastikan jauh dari jangkauan anak-anak. Karena panas yang dihasilkan oleh panci tanah liat cukup tinggi. 

Begitu juga dengan cara mencuci, mencuci panci tanah liat bukan dengan cara seperti Anda mencuci panci biasa.

Panci tanah liat tidak bisa dicuci menggunakan sabun, karena partikel sabun bisa mengendap di panci tanah liat Anda, dan akan mengkontaminasi makanan.

Cara mencucinya adalah, siram atau rendam dengan air panas, dan sikat perlahan hingga bersih, keringkan, lalu simpan dengan cara posisi terbalik, letakan bawahnya dengan kain atau tisu, harus ada sirkulasi udara agar mencegah jamur pada panci tanah liat Anda 

Beberapa jenis panci tanah liat 

porselen

medcom.id

Tanah liat Porselen: 

Porselen terbuat dari tanah liat murni, biasanya disebut kaolin. Sangat bisa untuk suhu yang sangat tinggi 

Tanah liat Earthenware: 

Tipe tanah liat Earthenware, memiliki sifat yang menyimpan banyak air, teksturnya lembut, berpori. Dan dapat menahan suhu rendah 

Tanah liat stoneware: 

Seperti namanya ‘stone’, tanah liat ini lebih tahan terhadap retak dan pecah. Tanah liat ini memiliki sifat kaca atau silica. 

Itu dia, beberapa ulasan pendek tentang kelebihan dan kekurangan dari panci tanah liat, semoga membantu Anda dalam mencari informasi tentang panci tanah liat.