arti soak pada mesin cuci

Arti Soak pada Mesin Cuci & Fungsi Tombol Lainnya



Pada saat membeli mesin cuci, terkadang kita dibingungkan dengan istilah bahasa Inggris pada tombol-tombolnya. Kalau istilah power dan start mungkin kita masih bisa memahami. Lalu bagaimana dengan arti soak pada mesin cuci, spin, wash dan lain-lain?

Tidak perlu bingung, baca penjelasan cara menggunakan mesin cuci di artikel dibawah ini!

FUNGSI TOMBOL-TOMBOL DI MESIN CUCI

  • Tombol Power : ini adalah tombol umum yang berlaku di semua produk elektronik berfungsi untuk menghidupkan mesin cuci
  • Start/Pause : tombol umum untuk menyalakan pengoperasian mesin cuci. Tombol pause untuk memberikan jeda. Jeda berhenti sejenak biasanya digunakan untuk menambahkan pakaian lain atau menambahkan pewangi.
  • Tombol water level : Untuk mengatur seberapa banyak level air yang kita inginkan untuk mencuci, walaupun di mesin cuci 1 tabung, jumlah air yang dibutuhkan bisa diatur secara otomatis

Setiap tombol diatas dan penjelasan dibawah ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara memperbaiki mesin cuci. Tombol yang umum dan hampir pasti selalu ada pada mesin cuci antara lain: soak, wash, rinse dan spin. Apa saja arti atau fungsi tombol-tombol ini?

arti tombol soak pada mesin cuci

ARTI TOMBOL SOAK MESIN CUCI

Pada sebagian mesin cuci sudah dibekali dengan soak function.  Arti soak pada mesin cuci adalah perendaman untuk pakaian yang akan dicuci. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan merendam pakaian secara manual.

Jika Anda memilih metode ini, maka pastikan tombol soak aktif ditandai dengan indikatornya yang menyala (Setiap merk, jenis mungkin ada perbedaan). Sehingga fitur ini dapat digunakan. Maka praktis, mesin cuci Anda menjalankan perintah pencucian dimulai dari soak atau perendaman.

FUNGSI TOMBOL WASH PADA MESIN CUCI

Ini adalah tombol paling penting yang berfungsi untuk mencuci pakaian yang sudah Kita masukkan ke mesin cuci.

Fungsi tombol wash pada mesin cuci 2 tabung merupakan pengaturan pada siklus pencucian sebagai berikut:

  • Wash selector artinya adalah untuk mengatur kecepatan mesin dalam mencuci
  • Wash timer adalah mengatur waktu pencucian
  • Drain artinya adalah untuk membuang air dari tabung mesin cuci
  • Spin timer adalah mengatur waktu pada proses pengeringan pakaian

FUNGSI TOMBOL RINSE PADA MESIN CUCI

Fungsi tombol rinse adalah pembilasan. Tahapan setelah pencucian, dengan menekan tombol rinse, Anda menjalankan fungsi pembilasan untuk membersihkan sisa buih deterjen sehabis siklus pencucian.

Mesin cuci paling pas kalau dipasang di samping wastafel, karena aliran airnya bisa satu saluran. Simak cara pasang wastafel, agar suasana rumah rapi dan terkesan minimalis.

FUNGSI TOMBOL SPIN PADA MESIN CUCI

Tombol spin berarti memutar, dalam artian fungsi tombol sipin pada mesin cuci ni adalah proses pemerasan air dalam pakaian sehinga menjadi lebih kering. Sehingga kadang ini disebut dengan proses pengeringan. Lalu tinggal dijemur!

fungsi tombol rinse

Jika Anda hanya menginginkan fungsi mengeringkan saja, maka caranya mudah! Masukkan pakaian yang sudah Anda cuci bilas secara manual dengan tangan. Jika memakai mesin cuci 2 tabung, pindahkan ke tabung pengeringan, lalu tutup mesin cucinya!

Pada mesin cuci 1 tabung, tekan tombol spin, lalu atur berapa lama waktu yang Anda inginkan dalam proses pengeringan ini. Kemudian tekan tombol start! Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung, tinggal putar knob spin timernya. Maka proses pengeringan dimulai!

Nah, itulah tombol-tombol penting dalam penggunaan mesin cuci! Meskipun begitu, tidak heran setiap merk mesin cuci berinovasi dengan menambahkan beberapa tombol pelengkap. Ini membuat fitur mesin cuci tersebut makin lengkap dan canggih! Dari sini kita bisa mempelajarinya terlebih dahulu, contohnya pada tombol mode pencucian di mesin cuci.

MODE PENCUCIAN DI MESIN CUCI

Di sejumlah seri mesin cuci otomatis 1 tabung, kita bakal menemukan berbagai fungsi tombol yang lebih lengkap. Tombol ini disebut dengan tombol program yang menjalankan mesin cuci ke beberapa mode pencucian (Untuk merk tipe lain mungkin terdapat penambahan atau perbedaan mode lain.)

Mode mencuci di mesin cuci adalah sebagai berikut:

  • Wool, jeans artinya adalah proses mencuci yang dissesuaikan dengan jenis bahan pakaiannya sseperi wool dan celana jeans.
  • Quick wash adalah metode mencuci cepat, namun hanya disarankan untuk jumlah pakaian yang sedikit
  • Prewash artinya yaitu memproses perendaman pra /sebelum pencucian, biasanya pada jenis pakaian yang sangat kotor sehingga memerlukan dua kali perendaman, untuk melepaskan noda-noda pada pakaian.
  • Extra cleaning artinya adalah memberikan fungsi pencucian ekstra bersih. Cocok untuk bahan pakaian yang tebal dan lebar, sehingga hasil cucian lebih baik.
  • Tub clean adalah untuk membersihkan tabung mesin cuci yang dipakai supaya tampak lebih bersih lagi.
  • Pengaturan Suhu atau temperatur sesuai bahan atau warna pakaian.
  • Delicate artinya mode yang mengatur air yang bersuhu dingin. Artinya siklus pencucian diatur lebih lambat dan pendek dengan menggunakan air dingin. Biasanya mode ini digunakan untuk bahan pakaian yang sensitif.

Demikianlah tadi semoga Anda mulai akrab dengan fungsi tombol yang ada pada mesin cuci! Tombol-tombol di mesin cuci berfungsi menjalankan perintah yang kita inginkan sesuai penggunaannya.  Dalam siklus pencucian ada 4 tahap penting yakni perendaman (soak), pencucian (wash), pembilasan (rinse) dan pengeringan (dry). Pada mesin cuci, Anda bisa menjalankan keempat siklus sekaligus atau hanya salah satu, dua atau tiga diantaranya , sesuai dengan kebutuhan Anda!