Arti Rinse pada Mesin Cuci

Arti Rinse pada Mesin Cuci & Fungsi Tombol Lainnya

Posted on

Ada 2 tipe orang saat menggunakan mesin cuci, pertama tipe yang langsung menggunakan seluruh fitur mesin cuci sama seperti pada siklus mencuci, atau tipe kedua yang memisahkan penggunaan satu atau dua fungsi mesin cuci saja. Seperti yang akan kita bahas kali ini mengenai arti rinse pada mesin cuci. Apa itu rinse?

Arti Rinse pada Mesin Cuci

Rinse adalah salah satu siklus terpenting dalam pencucian. Arti rinse pada mesin cuci adalah bilas atau pembilasan dengan air, yaitu proses membersihkan pakaian setelah proses pencucian agar noda-noda dapat hilang bersama dengan busa sabun deterjen cucinya. Lalu air hasil bilasan akan dibuang lewat selang pembuangan setelah proses rinse hold.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada 2 cara penggunaan mesin cuci secara otomatis, ada juga yang manual hanya satu atau dua siklus saja.

Cara Mengunakan Tombol Rinse

Cara mengunakan tombol rinse mesin cuci 2 tabung adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol rinse pada mesin cuci

  2. Pilih angka berapa kali pembilasan sesuai dengan yang diinginkan

  3. Tekan tombol start untuk memulai pembilasan

    cara menggunakan tombol rinse

  4. ungggu mesin cuci melakukan pembilasan

  5. Kombinasikan dengan menekan tombol rinse + spin agar sekaligus membilas dan mengeringkan

  6. Selesai

Arti dan fungsi tombol mesin cuci

Pada mesin cuci, terdapat beberapa tombol dalam siklus pencuciannya, ini diluar fungsi utama pencucian, tetapi tombol-toimbol ini memperkaya fitur pada mesin cuci, sehingga pengalaman mencuci Anda lebih praktis dan menyenangkan.

1. Power  

Tombol umum pada alat elektronik yang berfungsi untuk menyalakan mesin cuci.

2. Start/pause

Start berfungsi menjalankan perintah yang Anda inginkan, seperti mulai mencuci, membilas atau keseluruhan siklus.

Pause adalah tombol jeda sementara. Biasa difungsikan saat Anda akan menambahkan pakaian lagi atau mau menambahkan pewangi .

3. Outdoor

Tombol ini berfungsi untuk menentukan pakaian kedap air

4. Quick wash

Tombol yang akan membawa Anda masuk ke mode pencucian cepat! Akan tetapi hanya disarankan untuk pakaian dengan jumlah yang sedikit.

5. Delicates

Berfungsi untuk masuk ke mode pencucian dengan air dingin serta putaran yang lebih lambat. Mode ini dipakai untuk mencuci pakaian dengan bahan sensitive sehinghga menjaganya agar tetap aman sekaligus dapat menghemat waktu.

6. Water level  

Tombol untuk mengatur secara manual seberapa banyak jumlah air yang Anda butuhkan dalam pencucian, walau sebenarnya mesin cuci bisa menimbang secara otomatis jumlah air yang dibutuhkan sesuai pakaian yang Anda masukkan.

7. Tombol penyesuaian mencuci sesuai dengan bahannya

Biasanya ditandai dengan gambar sesuai bahannya: ada bahan jeans, wool, bahan lembut (handwash), cotton, hingga bahan pakaian bayi.

8. Daily  

berfungsi mencuci pakaian sehari-hari terutama yang tidak terlalu kotor.

9. Prewash

Tombol sebelum pencucian yang berfungsi untuk melakukan perendaman pada pakaian yang sudah sangat kotor. Anda harus menambahkan 2 deterjen pada kotak laci yang beda, yang pertama tentu untuk mode prewash, kemudian yang kedua untuk mode utama mencuci.

10. Economy

Tombol untuk mode ekonomis hemat dengan suhu air yang rendah serta waktu pencucian yang cepat untuk pakaian yang sedikit. Cocok bagi Anda yang ingin menghemat penggunaan listrik.

Itulah tadi fungsi-fungsi tombol pada mesin cuci, hanya saja pada tiap merk serta tipenya pasti ada perbedaan bahkan penambahan fitur lainnya.

Untuk tombol penting atau utama ada beberapa yakni wash, rinse dan spin. Mari kita bahas lebih jelas tentang tombol wash dan spin!

Simak juga penjelasan kami tentang: pengatur suhu kulkas

Arti tombol Wash

Ini bisa dianggap sebagai tombol terpenting pada mesin cuci karena memilki fungsi untuk mencuci pada siklus pencucian mesin cuci, terutama pada mesin cuci 2 tabung,.

Arti tombol wash adalah untuk mengatur tombol knob sebagai berikut:

  • Mengatur kecepatan putaran: Wash selector
  • Mengatur waktu pencucian sesuai yang diinginkan : Wash Timer
  • Membuang air dari dalam tabung : Drain
  • Mengatur waktu pengeringan pakaian : Spin Timer

Arti tombol Spin

Spin artinya adalah berputar, tombol ini adalah siklus terakhir pada pencucian mesin cuci, yaitu pengeringan! Pengeringan bukan berarti dengan membuat pakaian Anda jadi kering, melainkan memeras air pada hasil cucian, sehingga saat dijemur nanti lama waktunya bisa lebih cepat.

Cara Mengoperasikan Mesin cuci

Mesin cuci ada 2 jenis yakni jenis 1 tabung dan 2 tabung! Lalu apakah ada perbedaan dari cara mencucinya?

Cara mengoperasikan mesin cuci adalah sebagai berikut ini!

1. Pisahkan pakaian

Sama seperti mencuci manual, sebaiknya pisahkan pakaian berdasarkan warna terang dan gelap. Karena biadanya pewarna pada pakaian baru cenderung mudah luntur.

Kemudian pisahkan pakaian berdasarkan bahan atau beratnya, karena metode perputarannya akan berbeda maka pisahkan pakaian bahan tebal seperti jaket, celana jeans dan sejenisnya dengan pakaian ringan agar tidak ikut merusaknya.

2. Masukkan pakaian

Anda tinggal memasukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung mesin cuci. Pada mesin cuci 1 tabung, air akan otomatis menimbang sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Tambahkan deterjen pasa laci mesin cuci yang disediakan, serta pewangi jika dibutuhkan. Tekan tombol power lalu start untuk menjalankan mode pencucian.

3. Atur Siklus Pencucian

Jadi apabila Kita urutkan dari awal, pada mesin cuci terdapat 4 siklus pencucian sesuai dengan urutan:

  • Soak : Tahap perendaman pakaian agar kotoran pada baju teruai sekaligus menguatkan wangi deterjen
  • Wash :  Tahap pencucian , ditandai dengan mesin yang berputar membersihkan pakaian.
  • Rinse : Tahap setelah pencucian dengan membilas buih-buih deterjen yang membersihkan pakaian tadi dengan menggunakan air.
  • Dry : Tahap terakhir dengan memeras air sisa pembilasan untuk selanjutnya siap dijemur, pada mesin cuci istilah tombolnya adalah spin.

Anda bisa otomatis mengatur mesin cuci ke semua mode pencucian di atas dari awal sampai akhir, atau Anda bisa memilih satu misal mode membilas saja, atau mode mengeringkan saja.

Mesin cuci 1 tabung akan menjalankan semua siklus itu langsung, bedanya dengan mesin cuci 2 tabung, setelah siklus pembilasan selesai, Anda perlu memindahkan pakaian ke tabung yang satunya untuk menjalankan fungsi pengeringan atau ditandai dengan tombol spin.

4. Jemur Pakaian!

Setelah menjalankan 4 siklus pencucian tadi, maka Anda tinggal menjemur pakaian di bawah terik matahari seperti biasa, agar pakaian yang Anda cuci cepat kering!

Simak juga tulisan kami tentang: cara pasang wastafel cuci tangan di dinding

Nah itulah tadi arti rinse pada mesin cuci sekaligus beberapa arti pada tombol yang ada pada mesin cuci. Dengan mengetahui berbagai fungsi kegunaan tombol mesin cuci , maka pengalaman mencuci Anda bisa jauh lebih mudah dan praktis.