cast iron casserole pan

Apa sih Casserole Pan? Ini dia 7 Casserole Pan Terbaik. 



Panci casserole pan adalah Peralatan masak yang tidak hanya digunakan untuk memasak, tapi juga digunakan untuk menyajikan makanan di atas meja makan. Tidak hanya bisa digunakan di atas kompor, Casserole pan juga bisa digunakan untuk oven. Secara mudahnya, casserole pan adalah panci serbaguna.

Belakangan, pan atau wajan selalu mengalami perubahan. Tidak hanya dari modelnya, juga bahan dan kegunaannya. Begitu juga dengan hadirnya Casserole pan, banyak orang yang belum mengetahui apa itu casserole pan. 

Biasanya panci ini berukuran besar, dan memiliki cekungan agak kedalam, casserole pan juga memiliki beragam bentuk, ada yang berbentuk segiempat panjang ataupun bulat. 

Apa itu kelebihan dan kekurangan Casserole pan 

Menjadi hal yang baru di Indonesia, casserole masih asing ditelinga banyak orang. Tapi tentu Anda tetap harus mengetahui kelebihan dari Casserole pan, yang pertama adalah, casserole pan berbentuk persegi panjang seperti mangkuk panjang, ini sering sekali digunakan untuk membuat macaroni schotel dan lainnya.

Atau Casserole berbentuk mangkuk dengan cekungan cukup dalam, biasanya digunakan untuk membuat sup, atau apapun yang berkuah. 

Kekurangannya sejauh ini, ada tiga hal. Yang pertama banyak orang dan seller yang tidak tau dan tidak bisa menjelaskan casserole dengan baik.

Diakibatkan karena minimnya informasi tentang casserole. Yang kedua, casserole biasanya berbahan kaca ataupun alumunium kombinasi keramik, itu yang membuatnya lebih berat dari panci biasa, yang ketiga, tentu harga yang cukup mahal dibanding panci biasa. 

4 Bahan yang biasa digunakan untuk casserole

Dilansir Thecookwareadvisor.com, ada beberapa bahan yang biasa dibuat untuk casserole pan secara umum. Selain itu, panci ini termasuk merk grill pan yang bagus, baca link tersebut untuk mengetahui kenapa kami merekomendasikan panci ini.

  • berbahan keramik dan kaca, 

lebih menarik saat dihidangkan diatas meja. Casserole dengan bahan ini, lebih panas merata dan menahan panas makanan dengan waktu yang lama setelah makanan selesai dimasak.

Dan juga sangat cocok bahan makanan yang mengandung asam, karena tidak akan meninggalkan rasa dan aroma lain. 

  • Casserole berbahan aluminium

Casserole berbahan aluminium, sangat bagus digunakan untuk mencoklatkan masakan, memberi warna kecoklatan pada makanan agar kelihatan lebih menggugah selera. Karena panas yang dihasilkan bisa merata. 

  • Stainless steel 

Stainless Steel, salah satu bahan pan yang termurah, sangat cocok untuk membuat kue kering dan lainnya.

Casserole pan ini tidak cocok untuk makanan asam, seperti saus tomat, cuka dan bahan lainnya. Karena akan mengeluarkan rasa logam pada makanan. 

Biasanya, orang yang sering membuat kue lebih sering menggunakan Casserole bahan aluminium dan juga stainless steel.

Karena bahan logam paling cocok digunakan untuk membuat kue, seperti brownies, kue kering dan kue lainnya. Bahan ini cepat menghantarkan panas, dan merata keseluruh masakan. 

  • Cast iron 

Casserole dengan bahan cast iron, bahan yang paling sering digunakan untuk oven dan juga kompor. Sama dengan aluminium, casserole bahan ini juga bisa membuat makanan menjadi kecoklatan saat di dalam oven ataupun kompor.

Cast iron paling sering digunakan untuk bahan makanan seperti daging, karena akan membuat rasa dan aroma daging lebih keluar. 

Casserole saat ini lebih bervariasi

Tapi saat ini casserole lebih mirip dengan pan biasa, terutama dari bahan, dan juga tampilan. Casserole sekarang memiliki tampilan yang beragam dan cantik. Beberapa terlihat seperti panci biasa hanya saja, memiliki desain yang menarik. 

Bahan tidak hanya terbatas, aluminium, stainless steel, cast iron ataupun kaca dan keramik saja. Tapi juga ada yang terbuat dari batu granit, lapisan keramik, dan kombinasi lainnya. 

Casserole pan disebut juga sebagai panci serbaguna, karena bisa untuk kompor, oven, kulkas dan juga sebagai pengganti mangkok sajian. 

Ini beberapa merk casserole yang biasa Anda ditemui dipasaran.

7 Merk Casserole pan terbaik 

Panci casserole adalah merk panci terbaik, beberapa tipe-tipenya adalah sebagai berikut:

1. Casserole Luminarc

Luminarc

Luminarc dikenal sebagai panci berbahan kaca, yang bisa dipakai untuk memasak. Juga tampilan yang cantik saat digunakan untuk sajian di meja makan.

Casserole dari Luminarc ini terbuat dari kaca transparan dan dilengkapi dengan tutup. Luminarc tahan panas dan juga membuat masakan matang secara merata.

Bisa digunakan pada kompor induksi, dan gagang dari Luminarc juga anti panas, jadi tidak perlu khawatir. 

Dapatkan pengalaman memasak eksklusif dengan casserole dari luminarc. Casserole dari luminarc memiliki beberapa ukuran, ukuran paling sering digunakan 2 liter dan 3 liter dengan harga Rp 435.000 – 460.000 

2. Casserole Bima 

Dengan bahan stainless steel SUS 304, yang tentunya sangat aman digunakan untuk memasak. Walaupun terbuat dari stainless steel, Casserole dari Bima ini, memiliki tampilan yang elegan. 

Dilengkapi dengan tutup yang juga berbahan stainless steel juga. Casserole Bima sangat cocok untuk kamu yang ingin memasak, tapi juga membutuhkan panci yang berkualitas dan awet hingga bertahun-tahun

3. Casserole Carote 

carote pan

Casserole dari carote ini memiliki bahan yang terbuat dari batu granit.  5 lapisan anti lengket yang di impor dari Swiss, bebas PFOA.

Handle cantik terbuat dari kayu, dan juga dilengkapi penutup yang terbuat dari kaca, memudahkan Anda melihat masakan ke dalam panci. 

Casserole carote juga bisa digunakan untuk segala jenis kompor, dan tersedia beberapa ukuran, antara lain, 20 cm 24 cm, 28 cm.

Sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. Harga dari Casserole carote ini Rp 330.000- 660.000

4. Casserole pan Bolde 

bolde

Tidak kalah dengan yang lain, bolde pun mengeluarkan casserole pan. Dengan menggunakan Eco Green Technology, casserole pan dari bolde aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya juga pastinya ramah lingkungan. 

Granite coating, membuat bolde memiliki tampilan yang elegan. Ditambah tutup dari kaca, memudahkan Anda melihat masakan ke dalam. Casserole pan dari bolde memiliki harga Rp 247.000 untuk ukuran 24 cm. 

5. Casserole pan Moegen Germany 

moegen pan

Dengan bahan hard die casting dari moegen, yang terkenal dengan kualitasnya. Tahan gores, anti karat, dan juga food grade. 

Casserole pan, dilengkapi juga dengan tutup kaca, dan banyak ukuran diantaranya ukuran 20cm Rp 199.000 dan ukuran 24 cm dengan harga Rp 235.000

6. Casserole pan Debellin 

debellin pan

Debellin terkenal dengan harganya yang relatif mahal. Debellin memiliki desain ekslusif. Berbahan dasar die Cast Aluminium, dan menggunakan teknologi Greblon, granite coating. 

Casserole pan Debellin, mampu menyimpan panas lebih lama. Kelebihan dari debellin, memiliki berat yang ringan. Berbeda dengan kebanyakan casserole lain, yang memiliki beban yang cukup berat. Harga untuk casserole debellin ini berkisar Rp 1,2 juta dengan ukuran 24cm 

7. Casserole pan Ikea Vardagen

ikea vardagen

Tampilan casserole pan dari Ikea berbeda dari yang lainnya, tampilan hitam yang elegan membuat casserole pan dari ikea ini cocok untuk menjadi wadah sajian diatas meja makan.

Garansi hingga 25 tahun. Casserole pan dari Ikea ini, terbuat dari cast iron, tahan panas hingga 300℃, selama minimal satu jam. Bisa digunakan segala jenis kompor. Harga dari Ikea Vardagen adalah Rp 1,2 juta 

Itu dia beberapa casserole pan yang mudah untuk ditemui di ecommerce kesayangan Anda. Memiliki casserole pan, tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang menginginkan panci serbaguna.

Meskipun sedikit mahal, ini karena panci casserole adalah salah satu produk premium dan exclusive serta termasuk alat dapur modern.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami apa itu casserole pan, ya.