9 Cara Merawat Mesin Mobil Secara Berkala



Merawat mesin mobil secara berkala perlu dilakukan bagi pemilik mobil, mengingat mesin mobil adalah komponen paling penting pada sebuah mobil. Perawatan mobil secara berkala bisa dilakukan di bengkel umum terpercaya yang bisa Anda temukan  lewat aplikasi bengkel mobil. Adapun perawatan terhadap mesin mobil bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini

Merawat Mesin Mobil Secara Berkala

Untuk merawat mesin mobil secara berkala bisa dilakukan dengan cara:

1. Mengganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli secara berkala penting dilakukan sebagai salah satu cara untuk merawat mesin mobil agar lebih awet. Karena oli berpengaruh pada kinerja dan kondisi mesin mobil. Gantilah oli sesuai saran pada buku panduan mobil Anda.  biasanya dilakukan setelah menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km. Pilihlah oli sesuai dengan jenis dan kapasitas mesin mobil Anda agar mesin mobil selalu dalam kondisi prima.

2. Membersihkan Saringan Udara Dengan Teratur

Salah satu cara merawat mesin mobil secara berkala adalah dengan membersihkan saringan udara dengan teratur. Karena bila saringan udara kotor bisa membuat mesin mobil kekurangan tenaga, mobil sulit dihidupkan  hingga boros bahan bakar.

Anda bisa bersihkan saringan dan saluran udara menggunakan sikat halus atau lap. Untuk menghilangkan debu dan tanah yang tersisa pada kotak saringan Anda bisa gunakan kompresor angin untuk membersihkannya.  

3. Periksa Cairan Radiator Sesering Mungkin

Banyak para pemilik mobil kurang memperhatikan cairan radiator. Padahal cairan dalam radiator berfungsi untuk mengurangi panas pada mesin mobil. Bila cairan radiator kurang jumlahnya maka akan mengakibatkan mesin overheat, mogok, bahkan dapat mengalami kerusakan pada bagian internal mesin. Karena itu periksa cairan radiator sesering mungkin dan pastikan jumlah air mencukupi. 

4. Periksa Air Aki Secara Berkala

Aki merupakan salah satu komponen penting pada sebuah mobil. Oleh karena itu, menjaga aki supaya awet adalah salah satu cara merawat mesin mobil yang wajib dilakukan. Adapun cara merawat aki adalah dengan memastikan air aki berada dalam level antara garis batas penanda. 

5. Sesekali Mengendarai Mobil dengan Kecepatan Tinggi Dalam Beberapa Detik

Jika dalam waktu yang cukup lama mesin mobil tidak dinyalakan, maka akan menimbulkan kerak dalam mesin mobil. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kendarai mobil Anda dengan kecepatan tinggi (4.000 – 6.000 rpm) beberapa detik agar kerak tersebut terbakar lalu keluar melalui knalpot. Tapi ingat saat melakukan hal ini perhatikan situasi sekitar dan utamakan keselamatan di jalan raya.

 6. Periksa Lampu dan Kabel dengan Rutin

Salah satu cara merawat mesin mobil yang baik dan benar, tidak hanya terpaku pada komponen mesin saja. Tapi juga periksa lampu dan kabel secara rutin.  Mungkin saja sesekali akan ditemukan kabel yang putus, kendur atau lampu mobil sudah mulai redup. Agar tidak bermasalah pastikan semua lampu dan kabel pada mobil selalu dalam kondisi normal.

7. Mengisi Penuh Bahan Bakar

Cara merawat mesin mobil berikutnya adalah mengisi bahan bakar penuh. Mengisi bahan bakar tidak penuh dapat membuat kotoran serta kerak menempel pada bagian atas tangki bahan bakar.

Jadi, pastikan selalu mengisi tangki bahan bakar dengan penuh. Hal ini agar kondisi bagian atas bersih serta bebas dari kotoran dan kerak. Selain itu penting juga untuk menggunakan jenis bahan bakar yang direkomendasi. Biasanya pabrik akan merekomendasikan bahan bakar yang bebas timbal dan beroktan tinggi. Bahan bakar yang mengandung timbal dapat menyumbat mesin mobil sehingga tidak akan bisa bekerja dengan baik. 

8. Lakukan Tune up Secara Rutin

Melakukan tune up di bengkel adalah salah satu cara untuk merawat mesin mobil secara berkala. Tapi, untuk perawatan yang satu ini Anda tidak bisa melakukannya sendiri melainkan harus di bengkel dengan mekanik bengkel yang sudah ahli dan handal. Dengan rutin melakukan tune up akan membuat mesin mobil  awet dan dapat bekerja optimal.

Saat melakukan tune up, seluruh komponen vital dalam mesin mobil akan di cek menyeluruh. Bila ditemukan kerusakan atau masalah maka mekanik akan memperbaiki masalah tersebut.

9. Cek Starter Mobil

Cek starter mobil merupakan salah satu cara dalam upaya cara merawat mesin mobil agar awet. Dengan mengecek starter mobil, Anda akan tahu kondisi mesin mobil. Bila mesin sulit dinyalakan, maka kemungkinan ada kerusakan pada bagian starter. Hal ini bisa saja terjadi karena suplai bahan bakar atau udara yang kurang dalam mobil.

Itulah 9 cara merawat mesin mobil secara berkala agar awet. Selain mesin mobil, perawatan AC mobil juga penting dilakukan untuk kenyamanan selama perjalanan. Anda bisa lakukan perawatan atau penggantian AC mobil di  bengkel AC mobil yang dapat ditemukan lewat aplikasi Otoklix.

Leave a Reply